
Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kecamatan Tarakan Barat
Pengarang : Muhammad Fajri Yufli - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik di Kecamatan Tarakan Barat yang di ukur berdasarkan kepuasan masyarakat dengan menggunakan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan IKM dengan hasil desain dalam bentuk angka. Penelitian ini dilakukan di 5 (lima) Kelurahan di Kecamatan Tarakan Barat. Teknik sampel yang digunakan adalah non probability sampling. Teknik penngumpulan data dilakukan dengan kuesioner, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai IKM pada pelayanan di Kecamatan Tarakan Barat ialah : 1. Pada Indikator Persayaratan berada pada tingkat Baik hal ini ditunjukkan dengan nilai IKM Sebesar 3,075 dengan Nilai Konversi IKM sebesar 76,875. 2. Pada Indikator Sistem, Mekanisme dan Prosedur berada pada tingkat Kurang Baik hal ini ditunjukkan dengan nilai IKM Sebesar 3,057 dengan Nilai Konversi IKM sebesar 76,425. 3. Pada Indikator Waktu Penyelesaian berada pada tingkat Kurang Baik hal ini ditunjukkan dengan nilai IKM Sebesar 3,0075 dengan Nilai Konversi IKM sebesar 75,187. 4. Pada Indikator Biaya/Tarif berada pada tingkat Kurang Baik hal ini ditunjukkan dengan nilai IKM Sebesar 2,992 dengan Nilai Konversi IKM sebesar 74,812. 5. Pada Indikator Produk Spesifikas, dan Jenis Layanan berada pada tingkat Kurang Baik hal ini ditunjukkan dengan nilai IKM Sebesar 3,052 dengan Nilai Konversi IKM sebesar 76,300. 6. Pada Indikator Kompetensi berada pada tingkat Kurang Baik hal ini ditunjukkan dengan nilai IKM Sebesar 3,035 dengan Nilai Konversi IKM sebesar 75,872. 7. Pada Indikator Perilaku Pelaksana berada pada tingkat Kurang Baik hal ini ditunjukkan dengan nilai IKM Sebesar 2,992 dengan Nilai Konversi IKM sebesar 74,800. 8. Pada Indikator Pengaduan,, saran dan masukan berada pada tingkat Kurang Baik hal ini ditunjukkan dengan nilai IKM Sebesar 2,985 dengan Nilai Konversi IKM sebesar 74,625. 9. Pada indikator sarana dan prasarana berada pada tingkat Baik hal ini ditunjukkan dengan nilai IKM Sebesar 3,102 dengan nilai Konversi IKM sebesar 77,550.
The study aims to determine the satisfaction of the public towards the quality of service the public in the District Tarakan West in measurement based on the satisfaction of the community by using the Index Satisfaction Society (IKM). This research is a descriptive study using IKM with design results in the form of numbers. This research conducted in 5 ( five ) villages in the district of West Tarakan. Engineering samples that are used are non-probability sampling. Data collection techniques are done by questionnaire, interview, and literature study. The results of the study have demonstrated that the value of SMEs in the service in the District Tarakan Barat are: 1. On Indicator Requirements are on a level Good thing this is indicated by the value of SMEs Amounting 3,075 to Value Conversion SMEs amounted to 76.875. 2. On the Indicators System, mechanisms and procedures are at levels less Good thing this is indicated by the value of SMEs Amounting 3,057 to Value Conversion SMEs amounted to 76.425. 3. On Indicator Time Settlement is located on level Less Good thing this is indicated by the value of SMEs Amounting 3, 0075 with the Value Conversion SMEs amounted to 75.187. At Indicators Cost / Rates are at levels less Good thing this is indicated by the value of SMEs Amounting 2.992 to Value Conversion SMEs amounted to 74.812. In the Specific Product Indicator, and the Type of Service is at the Poor level, this is indicated by the IKM value of 3.052 with the IKM Conversion Value of 76,300. At Indicators Competence is the level Less Good thing this is indicated by the value of SME A sum of 3.035 to Value Conversion SMEs amounted to 75.872. On Indicator Behavior Executing are at levels less Good thing this is indicated by the value of SMEs Amounting 2.992 to Value Conversion SMEs amounted to 74.800. In the Complaints Indicator, suggestions and input are at the Poor level, this is indicated by the IKM value of 2.985 with the IKM Conversion Value of 74.625. 8. In the Complaints Indicator, suggestions and input are at the Poor level, this is indicated by the IKM value of 2.985 with the IKM Conversion Value of 74.625. 8. In the Complaints Indicator, suggestions and input are at the Poor level, this is indicated by the IKM value of 2.985 with the IKM Conversion Value of 74.625