Pengaruh Kegunaan, Kemudahan, Sikap dan Risiko Terhadap Niat Nasabah Menggunakan Mobile Banking | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Kegunaan, Kemudahan, Sikap dan Risiko Terhadap Niat Nasabah Menggunakan Mobile Banking

Pengaruh Kegunaan, Kemudahan, Sikap dan Risiko Terhadap Niat Nasabah Menggunakan Mobile Banking

Pengarang : Agustina Tandi Lembang - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kegunaan, kemudahan, sikap dan risiko terhadap niat nasabah menggunakan mobile banking. Responden penelitian ini adalah masyarakat umum yang ada di kota Tarakan dengan menggunakan metode survei langsung dengan instrumen pernyataan atau pertanyaan. Kuesioner yang disebar dan yang kembali adalah sebanyak 350 kuesioner dan kuesioner yang dapat dioleh dalam penelitian ini adalah sebanyak 350. Berdasarkan analisis Partial Least Square (PLS 3.0), hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan langsung antara variabel kegunaan dengan sikap memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan antara variabel, kemudahaan dengan sikap, sikap dengan niat menggunakan dan risiko terhadap niat menggunakan memiliki pengaruh positif dan signifikan antar variabelnya. Walaupun semakin tinggi kegunaan tidak mempengaruhi sikap untuk menggunakan mobile banking, semakin dirasakan kemudahan maka akan mempengaruhi sikap masyarakat untuk menggunakan mobile banking, sikap masyarakat disesuakian dengan kegunaan dan kemudahan, semakin tinggi tingkat kegunaan dan kemudahan akan mempengaruhi sikap masyarakat terhadap niat menggunakan mobile banking dan semakin rendah risiko akan meningkatkan niat masyarakat.

The purpose of this study is to examine the effect of usability, convenience, attitude and risk on customer intentions to use mobile banking. the respondents of this study were the general public in the city of tarakan using the direct survey method with statement or question instruments. questionnaires distributed and returned were 350 questionnaires and questionnaires that can be obtained in this study were 350. based on the analysis of partial least square (pls 3.0), the results of this study showed that the direct relationship between utility variables with attitudes had a negative and insignificant influence. between variables, ease of attitude, attitude with intention to use and risk of intention to use have a positive and significant effect between variables. although the higher the use does not affect the attitude to use mobile banking, the more perceived convenience will affect the attitude of the community to use mobile banking, the attitude of the community is adapted to the usefulness and convenience, the higher the level of usability and convenience will affect people's attitudes towards the intention to use mobile banking and more low risk will increase people's intention.

Detail Informasi