Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Frater Don Bosco Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Penerapan Model  Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Frater Don Bosco Tarakan

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Frater Don Bosco Tarakan

Pengarang : Olvi Sampe - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas VII SMP Frater Don Bosco Tarakan. Penilitian ini dilakukan pada bulan Mei 2015. Penelitian ini menggunakan pre experiment design (non design) dengan populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII Semester Genap di SMP Frater Don Bosco Tarakan Tahun Pembelajaran 2014/2015, sedangkan sampel atau populasi yang diambil untuk menjadi wakil dalam penelitian ini adalah 1 kelas. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini akan dilakukan secara cluster purposive sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Data dianalisis menggunakan software SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat terdapat pengaruh dalam penggunaan pembelajaran menggunakan Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Frater Don Bosco Tarakan,karena hasil uji wilcoxon data posttest menunjukan bahwa Zhitung Hasil Belajar (4,391) lebih kecil dari probabilitas alpha = 0,05.



The objectivities of this studywere to find out effect of Project Based Learning Teaching model biological study result in grade gradeVII SMP Frater Don Bosco Tarakan. This research was conducted during on May 2015. This is pre experiment design (non design) and the population for this study was the students in all grade VII SMP Frater Don BoscoTarakan in even 2014/2015, and the sample is from grade VII SMP Frater Don Bosco the sampling technique using cluster purposive sampling and data collection techniquies using documentation and test. The data that had been obteined was analyzed by using SPSS 16.0 for windows software. According to the results of data analisis it can be concluded that there was effect of Project Based Learning teaching model to the biological study result in grade VII SMP Frater Don Bosco Tarakan, because the tvalue is (-4, 391) smaller than = 0,05.

Detail Informasi