Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Submateri Hewan Invertebrata Berdasarkan Analisis Keanekaragaman Komunitas Gastropoda Di Hutan Mangrove Juata Laut Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Submateri Hewan Invertebrata Berdasarkan Analisis Keanekaragaman Komunitas  Gastropoda Di Hutan Mangrove Juata Laut Kota Tarakan

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Submateri Hewan Invertebrata Berdasarkan Analisis Keanekaragaman Komunitas Gastropoda Di Hutan Mangrove Juata Laut Kota Tarakan

Pengarang : Zainudin - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tarakan menyimpan kekayaan alam baik di bidang sumber daya alam maupun sumber daya manusianya sendiri salah satunya yaitu Gastropoda. Gastropoda merupakan salah satu potensi lokal kota Tarakan yang perlu di perkenalkan dan perlu dikembangkan menjadi bahan ajar. Pada kenyataannya, di lapangan guru belum ada yang memanfaatkan potensi lokal. Untuk itu bahan ajar/media interaktif ini sangat diperlukan sebagai inovasi baru untuk penunjang keberhasilan siswa dalam memahami isi materi pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara guru-guru mata pelajaran biologi yang ada di SMA Muhammadiyah Tarakan, belum ada guru yang mengunakan media pembelajaran interaktif berbasis potensi lokal dalam proses belajar mengajar, di kota Tarakan ini sangat kaya dengan potensi lokalnya yang dapat di kembangkan menjadi bahan ajar yang lebih menarik. Hasil penelitian di Mangrove Juata Laut kota Tarakan menunjukkan bahwa jenis Gastropoda yang ditemukan ada 1505 spesies, terdiri dari 15 jenis, berdasarkan nilai indeks keanekaragaman (H’) nilai indeks rata-rata 0,124 dengan indeks keanekaragaman rendah, dominansi (D’) menunjukkan bahwa indeks dominansi dalam kategori tinggi yaitu pada spesies Herba corticata sebesar 4,275 dan kelimpahan bahwa spesies yang melimpah adalah jenis Herba corticata dengan nilai rata-rata sebesar 463,7. Media pembelajaran interaktif pada Submateri Hewan Invertebrata berjudul keanekaragaman Gastropoda untuk SMA/MA kelas X dan analisis validasi media pembelajaran interaktif oleh ahli media, materi, praktisi dan respon siswa dengan rata-rata presentase sebesar 88,5%, 72,9 %, 95% dan 75% dengan kriteria sangat layak dan layak. Media secara keseluruhan dalam kategori layak. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan hasil penelitian di lapangan, nilai indeks ekologi dominansi, nilai ekologi indeks kelimpahan spesies Gastropoda, analisis validasi media pembelajaran interaktif dan hasil akhir media pembelajaran interaktif berupa CD (compact disk) yang bisa di putar melalui komputer.


Tarakan save natural resources both in the field of natural resources and human resources alone one that is Gastropods. Gastropods is one of the local potential Tarakan city that needs to be introduced and need to be developed into a teaching material. In fact, in the field of teachers are not utilizing local potential. For that teaching materials/ interactive media is indispensable a new innovations to support student success in understanding the content of the learning material. Based on the interview subject teacher of biology in SMA Muhammadiyah Tarakan. Not there are teachers who use interactive learning media based on local potential in the learning process in Tarakan city is very rich with local potential that can be developed into a more interesting teaching materials. The results of research in Tarakan Mangrove Marine Juata shows that the type of Gastropods species were found there in 1505, consists of 15 species. Based on the value of diversity indexs (H') the value of the average indexs 0.124 with a low diversity index. Dominance (D') showed that the index of dominance in the high category the species of Herba corticata is 4,275 and abundance that abundant species is a type of Herba corticata with an average of 463.7. Media interactive learning on diversity entitled submateri invertebrate gastropods for SMA/ MA classs X and analytical validation of interactive learning media by experts media, material, practitioner and student responses with an average percentage of 88.5 %, 72.9 %, 95 % and 75 % with a very decent and worthy criteria. The media as a whole in the category viable The conclusion of this study based on the results of research in the field, the index value of ecological dominance, ecological value Gastropod species abundance index, validate the analysis of interactive learning media and the final result of interactive learning media such as a CD ( compact disk ) which can be played through a computer

Detail Informasi