
Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Frater Don Bosco Tarakan
Pengarang : Kristina - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Frater Don Bosco Tarakan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2015 di SMP Frater Don Bosco Tarakan Penelitian ini adalah eksperimen semu dengan populasi siswa kelas VIII dan sampel sebanyak 2 kelas- Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggUnakan dokumentasi, lembar angket motivasi . Data angket motivasi dianalisis menggunakan sofiware SPSS 16.0for Windows. Teknik analisis data menggunakan uji anava Analisis data gain yang diperoleh hasil menunjukkan bahwa r hitung 0,632 lebih besar dari harga koefisien korelasi pada r tabel dengan taraf signifikansi 5% dan N=48 adalah 0,235..Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP frater don bosco tarakan
The purpose of this study was to determine the relationship between learning motivation and learning outcomes IPA eighth grade students of SMP Frater Don Bosco Tarakan. This research was conducted in August 2015 in junior Frater Don Bosco Tarakan This is a quasi-experimental study with a class VIII student population and a sample of 2 class- cluster sampling using purposive sampling technique. Documentation using data collection techniques, motivation questionnaire sheet. Motivation questionnaire data were analyzed using SPSS sofiware 16.0for Windows. Data were analyzed using ANOVA test Gain data analysis results obtained showed that the count r 0.632 greater than the correlation coefficient r table with a significance level of 5% and N = 48 is 0.235 .This shows that there is a relationship learning motivation and learning outcomes of students of class VIII SMP IPA seminarians don bosco tarakan