
Pengaruh Pengunaan Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Tarakan
Pengarang : Agung Superianto - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tarakan. Hasil belajar dalam penelitian ini mengunakan tes pilihan ganda. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret - April 2015 di SMP Negeri 4 Tarakan. Penelitian ini adalah jenis penelitian Pre experiment dengan populasi siswa kelas X dan sampel yang digunakan 1 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data mengunakan tes pilihan ganda dianalisis mengunakan software SPSS 16.0 for windows. Teknik analisis mengunakan uji-Z dari Wilcoxon sign rank test. Analisis data hasil belajar diperoleh hasil analisis yang menunjukan bahwa Z hitung ( - 4,426 ) lebih kecil dari probabilitas (? = 0,05 ). Hal tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh pembelajaraan dengan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tarakan.
The purpose of this research was to determine of the effect of learning with Quantum Teaching to the learning outcomes biological in class VII Student of SMP Negeri 4 Tarakan. Learning outcomes in this study using achievement test to measure student lerning outcomes data collection techniques using a multiple – choice. This Study was conducted in Maret – April 2015 at SMP Negeri 4 Tarakan. This study is a kind of pre –experimental research with class X student population and sample takeb from 1 classes.Sampling using purposive sampling technique. Sampling using techniques using a multiple – choice were analyzed using SPSS 16.0 for Windows. Mechanical analysis using Z test of Wilcoxon Signed – rank test. The data analysis of learning outcomes obtained results of the analysis showed that Z results ( -4,426 ) is smaller that the probability (? = 0,05 ). It shows that there is a learning effect of learning Quantum Teaching learning outcomes in class VII Student of SMP Negeri 4 Tarakan.