Pengaruh Pengunaan Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Pengunaan Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Tarakan

Pengaruh Pengunaan Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Tarakan

Pengarang : Agung Superianto - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tarakan. Hasil belajar dalam penelitian ini mengunakan tes pilihan ganda. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret - April 2015 di SMP Negeri 4 Tarakan. Penelitian ini adalah jenis penelitian Pre experiment dengan populasi siswa kelas X dan sampel yang digunakan 1 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data mengunakan tes pilihan ganda dianalisis mengunakan software SPSS 16.0 for windows. Teknik analisis mengunakan uji-Z dari Wilcoxon sign rank test. Analisis data hasil belajar diperoleh hasil analisis yang menunjukan bahwa Z hitung ( - 4,426 ) lebih kecil dari probabilitas (? = 0,05 ). Hal tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh pembelajaraan dengan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tarakan.


The purpose of this research was to determine of the effect of learning with Quantum Teaching to the learning outcomes biological in class VII Student of SMP Negeri 4 Tarakan. Learning outcomes in this study using achievement test to measure student lerning outcomes data collection techniques using a multiple – choice. This Study was conducted in Maret – April 2015 at SMP Negeri 4 Tarakan. This study is a kind of pre –experimental research with class X student population and sample takeb from 1 classes.Sampling using purposive sampling technique. Sampling using techniques using a multiple – choice were analyzed using SPSS 16.0 for Windows. Mechanical analysis using Z test of Wilcoxon Signed – rank test. The data analysis of learning outcomes obtained results of the analysis showed that Z results ( -4,426 ) is smaller that the probability (? = 0,05 ). It shows that there is a learning effect of learning Quantum Teaching learning outcomes in class VII Student of SMP Negeri 4 Tarakan.

Detail Informasi