
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Sistem Ekskresi Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan
Pengarang : Munira - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation tarhadap keterampilan proses sains siswa. Keterampilan proses sians siswa yang digunakan dalam penelitian ini meliputi keterampilan mengobservasi, mengkomunikasikan data, menerapkan konsep, merencanakan percobaan dan berhipotesis. Penelitian ini dilakukan pada bulan April-Mei 2015 di SMP Muhammadiyah 2 Tarakan. Penelitian ini adalah eksperimen semu dengan populasi siswa kelas VIII dan sampel sebanyak 2 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi , tes uraian, dan lembar observasi. Data tes dan observasi dianalisis menggunakan software SPSS 16.0 Jor Windows. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Group Investigation Terhadap keterampilan proses sains siswa ranah pengetahuan berdasarkan tes uraian (pretest dan posttest) nilai t hitung 4,282 > t tabel 1,659 dan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Group Investigation terhadap keterampilan proses sains ranah sikap spritual, dan sosial berdasarkan lembar observasi siswa, maka nilai t hitung 5.129 < t tabel 1,659 dan nilai t hitung 2,143 > t tabel 1,659. Sedangkan ranah keterampilan berdasarkan lembar observasi siswa nilai t hitung 5.060 > t tabel 1,659.
The purpose of research is for to know influence model cooperative learning type Group Investigation about science proces skill student. Science proces skill student to use in this research include observation skill, data communication, draft assembling, trial designed and hpyotheses. This research do at April-May 2015 SMP Muhammadiyah 2 Tarakan. This research is mien eksperimen with population student class VIII and sample 2 class. Taker of sample use technique random sampling. Technique data aggregate use documentation , essay test, and observation sheet. Data test and observation analysis use software SPSS 16.0 Jor Windows. Technique analysis data use uji-t. Result of this research indicate that be found influence assembling model cooperative learning type Group Investigation (GI) about science proces skill student knowledge domain be based on essay test (pretest dan posttest) value t hitung 4,282 > t tabel 1,659 and found influence assembling model cooperative learning type Group Investigation (GI) about sains proces skill student spiritual attitude domain, and soscial be based on observation sheet student, value t hitung 5.129 < t tabel 1,659 dan nilai t hitung 2,143 > t tabel 1,659. Meanwhile skill domain be based on observation sheet student value t hitung 5.060 > t tabel 1,659.