Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MAN Tarakan Tahun Ajaran 2014/2015 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MAN Tarakan Tahun Ajaran 2014/2015

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MAN Tarakan Tahun Ajaran 2014/2015

Pengarang : Nurfadillah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui 1. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture terhadap hasil belajar aspek spiritual siswa Kelas X MAN Tarakan, 2. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture terhadap hasil belajar aspek sosial siswa Kelas X MAN Tarakan, 3. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture terhadap hasil belajar aspek pengetahuan siswa Kelas X MAN Tarakan, 4. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture terhadap hasil belajar aspek keterampilan siswa Kelas X MAN Tarakan, Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Mei 2015 di MAN Tarakan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian Pretest Posttest Non Equivalent Control. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Tarakan dan sampel sebanyak 2 kelas, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes. Analisis data menggunakan bantuan software SPSS.16 for windows dengan teknik analisis menggunakan uji Independent sample t-test. Analisis data untuk aspek spiritual diperoleh hasil menunjukkan bahwa thitung (2,531) lebih besar dibandingkan ttabel (1,667). Pada hasil analisis aspek sosial menunjukkan bahwa thitung (2,949) lebih kecil dibandingkan ttabel (1,667). Pada hasil analisis aspek pengetahuan menunjukkan bahwa thitung (3,223) lebih besar dibandingkan ttabel (1,666). Pada hasil analisis aspek keterampilan menunjukkan bahwa thitung (4,252) lebih besar dibandingkan ttabel (1,667). Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa 1. Terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture terhadap hasil belajar aspek spiritual siswa Kelas X MAN Tarakan, 2. Terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture terhadap hasil belajar aspek sosial siswa kelas X MAN Tarakan, 3. Terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture terhadap hasil belajar aspek pengetahuan siswa kelas X MAN Tarakan, 4. Terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture terhadap hasil belajar aspek keterampilan siswa kelas X MAN Tarakan.



The purposive of this study is to know 1. The effect of Picture and Picture model to the biological study result towards of spiritual atitude in grade X Madrasah Aliyah Negeri Tarakan, 2. The effect of Picture and Picture model model towards of social atitude in grade X Madrasah Aliyah Negeri Tarakan, 3. The effect of Picture and Picture model towards learning results of knowledge in grade X Madrasah Aliyah Negeri Tarakan. 4. The effect of interactive demonstration learning model towards learning results of skill in grade X Madrasah Aliyah Negeri Tarakan. The study was conducted from May 2015 at MAN Tarakan.The research is a quasi-experimental design with pretest posttest study non equivalent control group design. The population in this study were students of grade X MAN Tarakan in 2 classes as the sample, Sampling was done by using purposive sampling. The data was analyzed by SPSS 16.0 for windows with test analysis techniques using Independent sample t-test. The data analysis to spiritual atitude of both utilizes ‘t’ results (2,531) is greater than t table (1,667). Than to social atitude of both utilizes ‘t’ results (2,949) is smaller than t table (1,667). Than to knowledge of both utilizes ‘t’ results (3,223) is greater than t table (1,667). Similarly, to skills of both utilizes’t’ results (4,252) is greater than t table (1,667). The data analisis showed that : 1. There are influence activity of of Picture and Picture model to the biological study result towards of spiritual atitude in grade X Madrasah Aliyah Negeri Tarakan, 2.There are of Picture and Picture model model towards of social atitude in grade X Madrasah Aliyah Negeri Tarakan, 3. There are of Picture and Picture model towards learning results of knowledge in grade X Madrasah Aliyah Negeri Tarakan, 4. There are of interactive demonstration learning model towards learning results of skill in grade X Madrasah Aliyah Negeri Tarakan .

Detail Informasi