
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Permainan Sains pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Tarakan
Pengarang : Reinal Pulung - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meingkatkan hasil belajar IPA melalui permainan sains dalam materi sistem pencernaan. Penelitian ini dilaksanakan terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrument penelitian ini adalah lembar observasi dan tes akhir hasil belajar. Berdasarkan hasil peneitian menunjukkan ketuntasan hasil belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 6 Tarakan adalah 94%.
This research is a classroom action research ( PTK ) . The aim of this study is to boost science learning outcomes through the game in materials science digestive system. This study was conducted consisting of planning, action, observation and reflection . The instrument of this study was the observation sheet and test the final result of learning. Based on the results peneitian showed mastery of learning outcomes sisswa in class VIII SMP Negeri 6 Tarakan is 94 % .