Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Tarakan

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Tarakan

Pengarang : Mega Selfianty - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Tarakan. Penilitian ini dilakukan selama bulan November 2014 di Madrasah Aliyah Negeri Tarakan. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan populasi seluruh siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Tarakan Tahun Ajaran 2014/2015, dan sampel yaitu kelas X MIA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan lembar observasi. Data dianalisis menggunakan software SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Tarakan, karena nilai thitung yang diperoleh sebesar 11,723 untuk keaktifan belajar dan 16,918 untuk prestasi belajar lebih besar dari ttabel 2,000.



The objectivities of this study were to find out the effect of Project Based Learning model to the learning activities and biological study result in grade X Madrasah Aliyah Negeri Tarakan. This research was conducted during on November 2014 in Madrasah Aliyah Negeri Tarakan. This is quasi-experimental study and the population for this study are the students in all grade X of Madrasah Aliyah Negeri Tarakan ineven semester 2014/2015, and the sample is from grade X MIA 1 as the experiment class and X MIA 2 as the control class the sampling technique using purposive sampling and data collection techniquies using documentation, test, and observation. The data that had been obteined was analyzed by using SPSS 16.0 for windows software. According to the results of data analisis it can be concluded that there was effect of Project Based Learning teaching model to the learning activities and biological study result in grade X Madrasah Aliyah Negeri Tarakan, because the tvalue is 11,723 for the learning activities and 16,918 for the biological study result bigger than the ttable 2,000.

Detail Informasi