Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Think Talk Write Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Think Talk Write Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tarakan

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Think Talk Write Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tarakan

Pengarang : Yulius Yunus - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Talk Write Berbasis Lingkungan terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei-Juni di SMA Negeri 3 Tarakan. Think Talk Write Berbasis Lingkungan merupakan pembelajaran yang dimulai dari berfikir sendiri selanjutnya berbicara dan berbagi ide dengan temannya sebelum menuliskan hasil diskusi. Pembelajaran ini membuat siswa langsung mengenal dengan lingkungan nyata. Penelitian ini adalah eksperimen semu dengan populasi siswa kelas X dan sampel sebanyak 2 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik purpossive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes pilihan ganda dan lembar observasi. Berdasarkan pengujian statistik dengan menggunakan uji independent sample t-test diperoleh thitung 4,786 pada taraf signifikansi ? dan df = 68 diperoleh nilai ttabel 1,671 berarti thitung > ttabel. Berdasarkan keterangan di atas hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Think Talk Write Berbasis Lingkungan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Tarakan.


This study is to know the influence of Think Talk Write studying model usage based environment to class X SMA Negeri Tarakan study result. Thank Talk Write based environment is the studying start from thinking by own hare after write down the saissin result. This stadying cam make the student to know the real environment directly. This student is an apparent experiment with the population class X and two class of sample. The talking of sample are using purposive sampling methode. The methode of data collecting by using documentation, multiple choice test and observation sheet. based on statistic testing by independent sample test, it obtains thitung = 4,786 on a significant grade and df = 68 obtain ttabel = 1,671 which mean thitung > ttabel. Based on that explanition, it hows the is a influence on the implemention of think talk write studying model to class X SMA Negeri 3 Tarakan study result.

Detail Informasi