Pengaruh Penggunaan Strategi Active Knowledge Sharing terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMPN 5 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Penggunaan Strategi Active Knowledge Sharing terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMPN 5 Tarakan

Pengaruh Penggunaan Strategi Active Knowledge Sharing terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMPN 5 Tarakan

Pengarang : Fajar Junaidi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi Active Knowledge Sharing terhadap pemahaman konsep siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai dengan Oktober pada di SMP Negeri 5 Tarakan. Active Knowledge Sharing merupakan Strategi untuk memberikan gambaran tentang materi yang diajarkan kepada siswa, dimana strategi ini dapat digunakan untuk membentuk tim belajar serta saling berbagi pengetahuan dengan teman lainnya. Penelitian ini adalah eksperimen semu dengan populasi siswa kelas VIII dan sampel sebanyak 2 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes uraian dan lembar observasi. Berdasarkan pengujian statistik dengan menggunakan uji independent sample t-test diperoleh thitung 6.988 pada taraf signifikansi ? dan df = 60 diperoleh nilai ttabel 1,671 berarti thitung > ttabel. Berdasarkan keterangan di atas hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi Active Knowledge Sharing terhadap pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi Active Knowledge Sharing terhadap pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan.


The purpose of this study was to know the effect of the use Active Knowledge Sharing strategy towards understanding the concept of student. The research was conduct in September to October at SMP Negeri 5 tarakan. Active Knowledge Sharing is a strategy to provide a snapshot of what is taught to student. Where this strategy can be used to form a team to learn and share knowledge with other friends. This is quasi-experimental research and the VIII Grade and the sample taken from 2 classes. The technique sampling is cluster purposive sampling. Collection technique documentation, test description and observation sheet. Based on statistical testing using Independent sample t-test obtained t-result 6.988 at significance ? and df = 60 obtained value of t-table 1.671 means t-result > t-table Based on the description above it indicated that there is the effect of the application Active Knowledge Sharing strategy towards understanding of concept in class VIII SMP Negeri 5 Tarakan. It show that there are significant use of Active Knowledge Sharing Strategy Towards Understanding Of Concept in class VIII SMP Negeri 5 Tarakan.

Detail Informasi