
The Effect Of Bits And Pieces Game In Descriptive Writing At The Seventh Grader Of MTs Negeri Tarakan
Pengarang : Ainun Jariah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari keefektifan dari menggunakan metode Bits and Pieces Game untuk meningkatkan pemahaman menulis siswa kelas VIIC di MTs Negeri Tarakan. Desain dari penelitian ini adalah Pra-Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri Tarakan tahun pelajaran 2019/2020. Peneliti menggunakan purposive sampling dalam menentukan sampel. Siswa kelas VII-C terdiri dari 31 siswa adalah sampel dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data dalam penelitian ini adalah tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan bantuan SPSS 22.0. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata antara pretest dan posttest. Nilai pretest adalah 57.16 dan posttest adalah 78.32. Terdapat peningkatan nilai rata-rata sebesar 16.95. Hasil dari Paired Sample Test adalah t test = 10.629 dan t table adalah 20.42. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa penggunaan metode Bits and Pieces Game dalam pemahaman menulis membawa pengaruh terhadap peningkatan penguasaan dan pemahaman menulis siswa kelas VIIC MTs Negeri Tarakan 2019/2020.
The purpose of this study was to find out the effectiveness of using the Bits and Pieces Game method to improve the writing comprehension of class VIIC students at MTs Negeri Tarakan. The design of this research is Pre-Experiment. The population of this study was all grade VII students of MTs Negeri Tarakan in the 2019/2020 school year. Researchers used purposive sampling in determining the sample. Students of class VII-C consisting of 31 students were the samples in this study. The instrument used to retrieve data in this study was a written test. The data analysis technique used is descriptive analysis with the help of SPSS 22.0. The results of the data analysis show that there is a difference in the average score between the pretest and posttest. The pretest score was 57.16 and the posttest score was 78.32. There was an increase in the average value of 16.95. The result of the Paired Sample Test is t test = 10,629 and the t table is 20.42. Thus, it can be concluded that Ha is accepted and Ho is rejected. Based on the results of this analysis, it shows that the use of the Bits and Pieces Game method in understanding writing has an effect on increasing the writing mastery and understanding of students in class VIIC MTs Negeri Tarakan 2019/2020.