
Students Difficulties In Reading Comprehension At Eleventh Grade In SMKN 2 Tarakan
Pengarang : Anggun Alviantari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari peneltian ini adalah untuk menemukan kesulitan belajar di reading comprehension dari siswa kelas 11 di SMKN 2 Tarakan. Desain dari penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas 11 di SMKN 2 Tarakan tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dalam menetukan sampel. Siswa kelas 11 terdiri dari 100 siswa adalah sampel dari penelitian ini. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data dalam ini adalah tes mengerjakan soal dan mengisi kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil dari analisis data menunjukan berdasarkan persentase item kesulitan dalam grafik, peneliti dirangkum bahwa tes pemahaman membaca pertanyaan sebagai berikut, Determining Idea mendapat 41,6 persen sulit dalam tes baca itu berarti bahwa itu dikategorikan rata-rata. Identifying Reference mendapat 47,9 persen sulit dalam tes baca itu berarti bahwa itu dikategorikan rata-rata. Understanding Vocabulary mendapat 53,2 persen sulit dalam tes baca itu berarti bahwa itu dikategorikan rata-rata. Making Inference mendapat 51,5 persen sulit dalam tes baca itu berarti bahwa itu dikategorikan rata-rata, dan Detail Information mendapat 41,9 persen sulit dalam tes baca itu berarti bahwa itu mengkategorikan rata-rata. Jadi berdasarakan hasil analisis tersebut menunjukuan bahwa kesulitan siswa dalam reading comprehension tidak terlalu sulit dan tidak terlalu mudah karena masih banyak siswa yang mendapkan nilai rendah di reading comprehension test
The aim of this research is to find learning difficulties in reading comprehension of 11th grade students at SMKN 2 Tarakan. The design of this research is descriptive quantitative. The population of this study were all 11th grade at SMKN 2 Tarakan in the academic year 2020/2021. This study uses purposive sampling in determining the sample. Grade 11 students consisting of 100 students were the samples of this study. The instrument used to collect the data in this study was a test to do the questions and fill out a questionnaire. The data analysis technique used is descriptive quantitative. The results of the data analysis showed that based on the percentage of difficulty items in the graph, the researcher summarized that the reading comprehension test questions were as follows, Determining Idea got 41.6 percent difficult in the reading test, it means that it was categorized as average. Identifying Reference found 47.9 percent difficult on the reading test, meaning that it was categorized as average. Understanding Vocabulary got 53.2 percent difficult on the reading test meaning that it was categorized as average. Making Inference got 51.5 percent difficult on the reading test means that it is categorized as average, and Detail Information gets 41.9 percent difficult on the reading test that means that it is categorized as average. So, based on the results of the analysis, it shows that students' difficulties in reading comprehension are not too difficult and not too easy because there are still many students who have low scores on reading comprehension tests.