Strategi Pemasaran Media Tanam Di CV Tunas Muda Jaya | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Strategi Pemasaran Media Tanam Di CV Tunas Muda Jaya

Strategi Pemasaran Media Tanam Di CV Tunas Muda Jaya

Pengarang : Baso Imran - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Media tanam merupakan salah satu komponen penting dalam melakukan bercocok tanam. Salah satu perusahaan yang menjual media tanam di Kota Tarakan yaitu CV. Tunas Muda Jaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merumuskan strategi pemasaran media tanam di CV. Tunas Muda Jaya Kota Tarakan. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan penentuan responden menggunakan metode key informan pihak internal CV. Tunas Muda Jaya yaitu divisi operasional dan divisi pemasaran serta pihak eksternal perusahaan yaitu: 1. Pesaing dan 2. Konsumen. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT dengan hasil dari penelitian ini menunjukkan posisi perusahaan berada di kuadran 1 yang berarti keadaan perusahaan mendukung strategi agresif yaitu strategi SO dengan memperluas jaringan pemasaran memanfaatkan teknologi informasi dan media sosial agar jangkauan pasar dan penjualan meningkat seperti pemasaran ke luar wilayah Kota Tarakan dan membangun cabang pemasaran di wilayah yang pontensial di Kalimantan Utara.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, dan Media Tanam Tarakan

Planting media is one of the important components in cultivating crops. One of the companies that sells planting media in Tarakan City is CV. Tunas Muda Jaya. The purpose of this research is to formulate a marketing strategy for planting media in CV. Tunas Muda Jaya, Tarakan City. The method of determining the sample used in this study was purposive sampling and the determination of the respondents using the method of internal party key informants CV. Tunas Muda Jaya, namely the operational division and the marketing division as well as the external parties of the company, namely: 1. Competitors and 2. Consumers. Methods of data collection using interviews, observation and questionnaires. The data analysis used is a SWOT analysis with the results of this study showing the position of the company is in quadrant 1, which means that the company's condition supports an aggressive strategy, namely the SO strategy by expanding the marketing network using information technology and social media so that market reach and sales increase such as marketing outside the region City of Tarakan and build a marketing branch in a potential area in North Kalimantan. Keywords: Marketing Strategy, and Tarakan Planting Media

Detail Informasi