Pengembangan Media Pembelajaran Popscrap Book Tema 6 Subtema 1 Pada Siswa Kelas IV Di SDN 004 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Pembelajaran Popscrap Book Tema 6 Subtema 1 Pada Siswa Kelas IV Di SDN 004 Tarakan

Pengembangan Media Pembelajaran Popscrap Book Tema 6 Subtema 1 Pada Siswa Kelas IV Di SDN 004 Tarakan

Pengarang : Sehah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa popscrap book yang ditinjau dari validitas media, materi, dan praktisi serta mengetahui ketertarikan siswa terhadap media pembelajaran popscrap book. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu, Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Penilaian kelayakan media pembelajaran popscrap book terdiri dari ahli media, ahli materi, dan ahli praktisi. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli media sebesar 90%, ahli materi 80%, ahli praktisi 98% dari uji coba terbatas 98,8%. Hasil validasi ahli media, materi dan praktisi menunjukkan bahwa media pembelajaran popscrap book sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil angket ketertarikan pada uji coba terbatas menunjukkan bahwa tingkat ketertarikan siswa terhadap media pembelajaran popscrap book berada pada kategori sangat tertarik.

Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Media Pembelajaran, Popscrap Book

This study aims to produce learning media in the form of popscrap books in terms of the validity of the media, materials, and practitioners and to determine the students' interest in the popscrap book learning media. This research is a research and development (Research and Development). The research and development procedure uses the ADDIE model which consists of five stages, namely, Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. The assessment of the feasibility of the popscrap book learning media consists of media experts, material experts, and practitioner experts. The validation results obtained from media experts were 90%, material experts 80%, practitioners experts 98% from limited trials 98.8%. The results of the validation of media experts, materials and practitioners show that the popscrap book learning media is very suitable for use in the learning process. The results of the interest questionnaire in the limited trial showed that the level of student interest in the popscrap book learning media was in the very interested category. Keywords: Research and Development, Learning Media, Popscrap Book

Detail Informasi