Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Metode Certainty Of Response Index (CRI) Pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas VIII SMP Negeri 3 Malinau Kota Tahun Ajaran 2020/2021 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Metode Certainty Of Response Index (CRI) Pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas VIII SMP Negeri 3 Malinau Kota Tahun Ajaran 2020/2021

Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Metode Certainty Of Response Index (CRI) Pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas VIII SMP Negeri 3 Malinau Kota Tahun Ajaran 2020/2021

Pengarang : Ritha Nia Jayanti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Hasil observasi yang dilakukan ditemukan beberapa faktor yang memicu siswa mengalami miskonsepsi diantaranya adalah minat belajar siswa yang rendah, kurang efektifnya pengajaran, serta media pembelajaran yang masih terbatas, terlebih lagi materi sistem peredaran darah merupakan materi yang berpotensi untuk terjadinya miskonsepsi karena materi ini masih bersifat abstrak dan tidak dapat dilihat secara langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Malinau Kota mengalami miskonsepsi pada materi sistem peredaran darah atau tidak. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling jenuh dimana teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pilihan ganda beralasan terbuka disertai kolom tingkat keyakinan siswa/Certainty of Response Index (CRI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 41,11% siswa yang mengalami miskonsepsi, 31,33% siswa yang paham konsep dan 14,67% siswa yang tidak paham konsep. Berdasarkan data tersebut dapat diketahui bahwa jumlah siswa yang mengalami miskonsepsi lebih banyak dibandingkan pada kategori-kategori lainnya. Miskonsepsi yang dialami oleh siswa banyak terjadi pada beberapa konsep mengenai mekanisme sistem peredaran darah dan gangguan atau kelainan pada sistem peredaran darah manusia.

The results of the observations made found several factors that triggered students to experience misconceptions including low student interest in learning, ineffective teaching, and limited learning media, moreover, the circulatory system material is material that has the potential for misconceptions because this material is still abstract. and cannot be seen directly. The purpose of this study was to determine whether grade VIII students of SMP Negeri 3 Malinau Kota had misconceptions in the circulatory system material or not. This research is a quantitative descriptive study with a survey method of sampling carried out using saturated sampling where the sampling technique is when all members of the population are used as the sample. The research instrument used in this study was multiple choice questions with open reasons accompanied by a column of student confidence level / Certainty of Response Index (CRI). The results showed that there were 41.11% students who experienced misconceptions, 31.33% students who understood concepts and 14.67% students who did not understand concepts. Based on these data, it can be seen that the number of students who experience misconceptions is more than in other categories. Many misconceptions experienced by students occur in several concepts regarding the mechanism of the circulatory system and disorders or abnormalities in the human circulatory system.

Detail Informasi