Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Kemampuan Analisis Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Kemampuan Analisis Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Kemampuan Analisis Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Tarakan

Pengarang : Wahyu Fitria - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction terhadap kemampuan analisis siswa pada tes pertama, kedua, ketiga dan keempat sebelum dan setelah pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian time series. Sampel penelitian adalah kelas X MIA 2 SMA Muhammadiyah Tarakan dengan metode pengambilan sampel purposive sampling. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis uji T sampel berpasangan diperoleh hasil dengan nilai signifikasi 0,000. Jika sig (2- tailed) < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara tes pertama, kedua, ketiga, dan keempat sebelum dan sesudah pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Instruction berpengaruh terhadap kemampuan analisis siswa.

This study aims to determine the effect of the Problem Based Instruction learning model on students' analytical skills on the first, second, third and fourth tests before and after learning. This type of research is a quasi-experiment with a time series research design. The research sample was class X MIA 2 SMA Muhammadiyah Tarakan with a purposive sampling method. The results of the study using paired sample T test analysis obtained results with a significance value of 0.000. If sig (2- tailed)

Detail Informasi