
Pengaruh Penerapan Pembelajaran SSI (Socioscientific Issue) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Di SMA Muhammadiyah Boarding School Tarakan
Pengarang : Fitri Lestari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran Socioscientific Issue terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada tes pertama, kedua, ketiga dan keempat sebelum dan setelah pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian time series. Sampel penelitian adalah kelas X IPA 2 Muhammadiyah Boarding School Tarakan dengan metode pengambilan sampel purposive sampling. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis uji T sampel berpasangan diperoleh hasil dengan nilai signifikasi 0,000. Jika sig (2- tailed) < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara tes pertama, kedua, ketiga dan keempat sebelum dan setelah pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Socioscientific Issue berpengaruh terhadap terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
This study aims to determine the effect of the application of Socioscientific Issue learning on students' critical thinking skills on the first, second, third and fourth tests before and after learning. This type of research is a quasi-experiment with a time series research design. The research sample was class X IPA 2 Muhammadiyah Boarding School Tarakan with a purposive sampling method. The results of the study using paired sample T test analysis obtained results with a significance value of 0.000. If sig (2- tailed)