
Pengembangan Modul Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Psikodrama Terhadap Motivasi Belajar Siswa
Pengarang : Feny Febriyanti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa Modul Bimbingan Kelompok dengan Teknik Psikodrama terhadap Motivasi Belajar Siswa. Motivasi belajar adalah dorongan daya penggerak baik secara internal maupun eksternal dengan menciptakan seluruh usaha untuk mempersiapkan kondisi tertentu sehingga individu dapat bertindak untuk mencapai tujuan yang telah dikehendaki dalam belajarnya dengan semaksimal mungkin agar mendapatkan hasil prestasi yang lebih baik dari hasil yang telah ada sebelumnya. Modul ini merupakan salah satu media yang akan digunakan oleh guru BK dalam pelaksanaan layanan BK di sekolah khususnya terkait penggunaan teknik yang tepat dalam menangani masalah siswa terutama pada siswa yang memiliki permasalahan dalam bidang belajarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan prosedur penelitian dan pengembangan yang dimodifikasi oleh Borg and Gall. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara serta penyebaran skala. Hasil penelitian menunjukkan perolehan skor hasil validasi desain yaitu 77,3%, validasi materi 84%, dan validasi psikodrama 88%, yang berada pada kategori layak dan baik untuk digunakan pada siswa yang memiliki masalah motivasi belajar rendah di sekolah.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Psikodrama, Motivasi Belajar
This study aims to develop a product in the form of a Group Guidance Module with Psychodrama Techniques for Student Motivation. Motivation to learn is a driving force both internally and externally by creating all efforts to prepare for certain conditions so that individuals can act to achieve the desired goals in learning as much as possible in order to get better achievement results than pre-existing results. This module is one of the media that will be used by BK teachers in the implementation of BK services in schools, especially regarding the use of appropriate techniques in dealing with student problems, especially for students who have problems in their learning fields. This study used a research and development (R&D) approach with research and development procedures modified by Borg and Gall. Data collection was carried out through interviews and scale distribution. The results showed that the score for the design validation was 77.3%, the material validation was 84%, and the psychodrama validation was 88%, which are in the proper and good category for use by students who have low learning motivation problems at school. Keywords: Group Guidance, Psychodrama Techniques, Learning Motivation