Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Biologi Kelas X di SMK Kesehatan Kaltara Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Biologi Kelas X di SMK Kesehatan Kaltara Tarakan

Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Biologi Kelas X di SMK Kesehatan Kaltara Tarakan

Pengarang : Haslina - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh penggunaan gadget siswa kelas X terhadap hasil belajar biologi di SMK Kesehatan Kaltara Tarakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 76 siswa kelas X. Keseluruhan data diperoleh berdasarkan skor dari angket penggunaan gadget yang disebarkan secara online melalui google form, soal LKPD dan soal pilihan ganda (Post Test), kemudian dianalisis dengan uji regresi sederhana untuk mencari pengaruh penggunaan gadget terhadap hasil belajar biologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget siswa kelas X SMK Kesehatan Kaltara Tarakan termasuk pada kategori sedang dengan nilai persentase sebesar 65,8%, intensitas penggunaan gadget siswa kelas X di SMK Kesehatan Kaltara termasuk dalam kategori sedang yaitu dengan nilai persentase sebesar 63,2%, dan hasil belajar biologi kelas X di SMK Kesehatan Kaltara Tarakan termasuk pada kategori sedang yaitu dengan nilai presentase sebesar 69,7%. Berdasarkan persamaan regresi sederhana, penggunaan gadget berpengaruh sebesar 0,009 yang memberikan kontribusi kecil terhadap hasil belajar, penggunaan gadget memberikan pengaruh sangat kecil terhadap hasil belajar karena faktor lain seperti sikap siswa, kecerdasan siswa, kesiapan siswa dalam belajar atau faktor lain seperti metode pembelajaran, yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.

This study aims to see how much influence the use of gadgets for class X students on the learning outcomes of biology at SMK Kesehatan Kaltara Tarakan. This type of research is quantitative research. The population and sample in this study amounted to 76 students of class X. Overall data was obtained based on scores from a questionnaire on the use of gadgets distributed online via google form, LKPD questions and multiple choice questions (Post Test), then analyzed by simple regression test to find the effect of use. gadgets for biology learning outcomes. The results showed that the use of gadgets for class X SMK Kesehatan Kaltara Tarakan students was included in the medium category with a percentage value of 65.8%, the intensity of the use of gadgets for class X students at Kaltara Health Vocational High School was in the moderate category with a percentage value of 63.2%, and the results of class X biology learning at SMK Kesehatan Kaltara Tarakan are in the medium category with a percentage value of 69.7%. Based on the simple regression equation, the use of gadgets has an effect of 0.009 which makes a small contribution to learning outcomes, the use of gadgets has a very small effect on learning outcomes due to other factors such as student attitudes, student intelligence, student readiness in learning or other factors such as learning methods, which can affect student learning outcomes.

Detail Informasi