Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Matematika Kelas IX SMP Negeri 6 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Matematika Kelas IX SMP Negeri 6 Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Matematika Kelas IX SMP Negeri 6 Tarakan

Pengarang : Hala - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap motivasi belajar matematika pada siswa kelas IX SMP Negeri 6 Tarakan. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2020 di SMP Negeri 6 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 6 Tarakan. Pengambilan sampel dilakukan secara Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IX E sebagai kelas eksperimen dan IX G sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket motivasi belajar matematika siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif meliputi rata-rata hitung, varians dan simpangan baku. Analisis inferensial menggunakan analisis uji t. Berdasarkan hasil analisis dengan taraf signifikan 5% dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap motivasi belajar matematika. Sebelum perlakuan kedua kelas eksperimen dan kelas kontrol dinyatakan setara atau memiliki kemampuan yang sama, dari uji t diperoleh hasil uji signifikan 0.000 < 0.05 maka dengan demikian H0 diterima, artinya ada perbedaan motivasi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, berarti motivasi belajar siswa yang diberi pembelajaran dengan model STAD lebih tinggi daripada siswa yang tidak diberi pembelajaran model STAD.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa

This study aims to determine the effect of the cooperative learning model type STAD on mathematics learning motivation in class IX students of SMP Negeri 6 Tarakan. This research was conducted in November 2020 at SMP Negeri 6 Tarakan. This type of research used in this study is a Quasi Experiment. The population in this study were all students of class IX SMP Negeri 6 Tarakan. Sampling was done by simple random sampling. The sample in this study was class IX E as the experimental class and IX G as the control class. The data was collected by using a student mathematics learning motivation questionnaire. The data analysis technique used descriptive and inferential analysis. Descriptive analysis includes arithmetic mean, variance and standard deviation. Inferential analysis using t test analysis. Based on the results of the analysis with a significant level of 5%, it can be concluded that the STAD type of cooperative learning model has an effect on the motivation to learn mathematics. Before the treatment of both the experimental class and the control class were stated to be equivalent or have the same ability, from the t test, the significant test results obtained were 0.000 < 0.05, meaning that the H0 was accepted, indicating that there was a difference in the motivation between the experimental class and the control class. This meant that the learning motivation of students who were taught with the STAD was higher than students who were not taught with STAD. Keywords: Cooperative Learning, STAD, Mahtematics Learning Motivation

Detail Informasi