
Pengaruh Pembelajaran Daring Berbantuan Aplikasi Edmodo Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIA SMA Muhammadiyah Tarakan
Pengarang : Ahmad Saidi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran daring berbantuan aplikasi Edmodo terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas XI MIA SMA Muhammadiyah Tarakan. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Muhammadiyah Tarakan. Pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Sampel penelitian ini adalah XI-MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-MIA 1 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket motivasi belajar matematika siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial dengan bantuan software SPSS version 22.0 for Windows. Analisis deskriptif meliputi rata-rata hitung dan simpangan baku. Analisis inferensial menggunakan analisis uji t. Berdasarkan hasil analisis dengan taraf signifikan 5% dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring berbantuan aplikasi Edmodo berpengaruh terhadap motivasi belajar matematika siswa. Sebelum perlakuan kedua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dinyatakan setara atau memiliki kemampuan yang sama dari pengujian beda dua pihak diperoleh nilai signifikan 0,547 dan setelah perlakuan dengan pengujian pihak kanan terlihat bahwa nilai signifikan 0,000.
Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar Matematika Siswa
This study aims to determine the effect of online learning assisted by Edmodo applications on the motivation to learn mathematics of class XI MIA SMA Muhammadiyah Tarakan. The research was conducted in the even semester of the 2020/2021 school year. This type of research used in this research is quasi-experimental (Quasi Experiment) with the research design Nonequivalent Control Group Design. The population in this study were all students of class XI MIA SMA Muhammadiyah Tarakan. Sampling was done by simple random sampling. The sample of this research was XI-MIA 4 as the experimental class and class XI-MIA 1 as the control class. The data was collected by using a student mathematics learning motivation questionnaire. The data analysis technique used descriptive and inferential analysis with the help of SPSS version 22.0 for Windows software. Descriptive analysis includes arithmetic mean and standard deviation. Inferential analysis using t test analysis. Based on the results of the analysis with a significant level of 5%, it can be concluded that online learning assisted by Edmodo application affects students' motivation to learn mathematics. Before the treatment of the two classes, namely the experimental class and the control class, were declared equal or had the same ability from the two-party difference test, a significant value was obtained of 0.547 and after treatment with the right side test, it was seen that the significant value was 0.000. Keywords: Online Learning, Students' Mathematics Learning Motivation