Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 11 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 11 Tarakan

Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 11 Tarakan

Pengarang : Chika Safitri - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 11 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan metode survey. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 81 siswa diambil dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh secara signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Adapun persentase kategori pada disiplin belajar yaitu, pada kategori sangat tinggi sebesar 34,6%, kategori tinggi yaitu sebesar 25,9%, kategori sedang sebesar 29,6%, dan kategori rendah sebesar 7,4%, dan siswa yang memiliki kategori sangat rendah sebesar 2,5%. Dalam analisis regresi sederhana terdapat pengaruh secara signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika dengan persamaan regresi ? = 1,306 + 0,604X. Disiplin belajar memberikan pengaruh sebesar 61,4% terhadap hasil belajar matematika siswa.

Kata Kunci: Disiplin Belajar, Hasil Belajar

This study aims to determine: The effect of learning discipline on mathematics learning outcomes of grade IX students of SMP Negeri 11 Tarakan. This type of research is a type of quantitative research with a survey method. This research was conducted in the even semester of the 2020/2021 school year. The population of this study were students of class IX which consisted of 4 classes. The sample in this study amounted to 81 students taken using proportionate stratified random sampling technique. The data collection techniques in this study were using questionnaires and documentation. The data analysis technique used descriptive analysis and simple linear regression analysis. The results showed that there was a significant effect of learning discipline on students' mathematics learning outcomes. The percentage of categories in the learning discipline, namely, the very high category of 34.6%, the high category of 25.9%, the moderate category of 29.6%, and the low category of 7.4%, and students who have the very category. low at 2.5%. In simple regression analysis, there is a significant effect of learning discipline on mathematics learning outcomes with the regression equation ? = 1.306 + 0.604X. Learning discipline has an effect of 61.4% on students' mathematics learning outcomes. Keywords: Learning Discipline, Learning Outcomes

Detail Informasi