Pengembangan Modul Cognitive Behavior Dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif Pada Konsep Diri Siswa | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Modul Cognitive Behavior Dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif Pada Konsep Diri Siswa

Pengembangan Modul Cognitive Behavior Dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif Pada Konsep Diri Siswa

Pengarang : Sitti Nurhalisa - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu produk berupa modul Cognitive Behavior dengan Teknik Restrukturiasi Kognitif pada Konsep Diri Siswa. Konsep diri merupakan keseluruhan gambaran diri, persepsi diri, keyakinan diri, kesan terhadap diri, serta penilain diri maupun penilaian dari orang lain baik secara positif maupun negatif. Modul ini merupakan salah satu media yang dapat digunakan oleh guru bimbingan dan konseling untuk melaksanakan layanan bimbingan dan konseling di sekolah, terutama bagi siswa yang memiliki konsep diri negatif sehingga mampu membentuk konsep diri yang positif dan baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian dan pengembangan yang dimodifikasi oleh Borg and Gall, dan dalam pengumpulan data menggunakan skala dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan perolehan skor hasil validasi desain yaitu 86% dan hasil validasi materi yaitu 76% yang berada pada kategori layak atau baik untuk diterapkan pada siswa yang memiliki konsep diri negatif.

Kata Kunci: Cognitive Behavior, Teknik Restrukturiasi Kognitif, Konsep Diri

This study aims to develop a product in the form of a Cognitive Behavior module with Cognitive Restructuring Techniques in Student Self-Concept. Self-concept is the overall self-image, self-perception, self-confidence, self-impression, and self-assessment and assessment of others both positively and negatively. This module is a medium that can be used by guidance and counseling teachers to carry out guidance and counseling services in schools, especially for students who have negative self-concepts so that they are able to form positive and good self-concepts. This study uses a research and development approach (Research and Development) with a research and development model modified by Borg and Gall, and in data collection using scales and interviews. The results showed that the score obtained from the design validation was 86% and the result of material validation was 76% which was in the proper or good category to be applied to students who had negative self-concepts. Keywords: Cognitive Behavior, Cognitive Restructuring Techniques, Self Concept

Detail Informasi