Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Learning Cycle Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Learning Cycle Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar

Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Learning Cycle Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar

Pengarang : Riska Dayang Sari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan model pembelajaran Learning Cycle dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. Metode dalam penelitian ini adalah Library Research (penelitian kepustakaan). Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian deskriptif dengan lebih menekankan pada kekuatan analisis sumber-sumber dan data-data yang ada dengan mengandalkan teori-teori dan konsep-konsep yang ada untuk diinterpretasikan berdasarkan tulisan-tulisan yang mengarah pada pembahasan. Hasil penelitian yang mengunakan kajian-kajian Library Research (penelitian kepustakaan) yang dianalisis oleh peneliti memiliki 5 data yang dimana 3 data merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan 2 data lagi menggunakan penelitian eksperimen. Dari ketiga data yang menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) salah satunya menggunakan tahapan 7E sedangkan kedua data lainnya menggunakan tahapan 5E. Akan tetapi dari keseluruhan 5 data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle terdapat kesaamaan yaitu sama-sama dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa dan meningkatkan aktivitas guru. Pada penelitian dengan kajian Library Research (penelitian kepustakaan) terdapat kelebihan dan kekurangan pada penelitian ini. Adapun kekurangan dari penelitian Library Research (penelitian kepustakaan) ini peneliti dituntut untuk mengumpulkan data sebanyak-banyaknya serta dituntut untuk banyak membaca, mencatat dan mengolah data untuk bahan kajian yang ingin diteliti. Sedangkan kelebihan dari penelitian dengan kajian Library Research (penelitian kepustakaan) ini peneliti tidak perlu turun ke lapangan untuk mengambil data karena data dapat diperoleh dari internet.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Learning Cycle, IPA

This study aims to analyze the use of the Learning Cycle learning model in science learning in elementary schools. The method in this research is Library Research (library research). In this study, the authors used descriptive research by emphasizing the power of analysis of existing sources and data by relying on existing theories and concepts to be interpreted based on the writings leading to the discussion. The results of research using Library Research studies (library research) analyzed by researchers have 5 data, where 3 data are classroom action research (CAR) and 2 more data using experimental research. Of the three data using Classroom Action Research (CAR), one of them uses the 7E stage while the other two uses the 5E stage. However, from all of these 5 data, it can be concluded that science learning using the Learning Cycle learning model has something in common, namely that both can improve student learning outcomes and increase teacher activity. In research with a study of Library Research (library research), there are advantages and disadvantages of this research. The shortcomings of this research are Library Research, researchers are required to collect as much data as possible and are required to read a lot, take notes and process data for the study material that they want to research. While the advantages of research with the study of Library Research (library research), researchers do not need to go to the field to retrieve data because data can be obtained from the internet. Keywords: Learning Cycle Model, Science

Detail Informasi