Pengembangan Handout Bermuatan Pendidikan Karakter Berbasis Kontekstual Pada Materi Kingdom Plantae Di Kelas X SMA Frater Don Bosco Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Handout Bermuatan Pendidikan Karakter Berbasis Kontekstual Pada Materi Kingdom Plantae Di Kelas X SMA Frater Don Bosco Tarakan

Pengembangan Handout Bermuatan Pendidikan Karakter Berbasis Kontekstual Pada Materi Kingdom Plantae Di Kelas X SMA Frater Don Bosco Tarakan

Pengarang : Susi Yantika Siahaan - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Handout Bermuatan Pendidikan Karakter Berbasis Kontekstual Pada Materi Kingdom Plantae di Kelas X SMAK Frater Don Bosco Tarakan yang berkualitas dari segi kelayakan dan respon siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu Define, Design, Development, Disseminate. Akan tetapi, pada pengembangan ini hanya dilakukan sampai tahap ke 3 yaitu tahap Development. Data penelitian dianalisis melalui uji kelayakan dan respon siswa. Pengujian produk dilakukan oleh validator ahli media, ahli materi, dan praktisi (guru biologi). Uji coba lapangan dilakukan secara online melalui google formulir yang dibagikan pada siswa SMAK Frater Don Bosco Tarakan kelas XI IPA dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli media sebesar 89% dengan kategori sangat layak, ahli materi sebesar 96% dengan kategori sangat layak, praktisi sebesar 94% dengan kategori sangat layak dan respon siswa sebesar 87% dengan kategori sangat menarik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Handout Bermuatan Pendidikan Karakter Berbasis Kontekstual Pada Materi Kingdom Plantae yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kualitas bahan ajar yang baik dan layak digunakan dalam pembelajaran biologi di sekolah.

This study aims to produce a Handout with Contextual-Based Character Education on Kingdom Plantae Material in Class X at the Senior High School Brother Don Bosco Tarakan which is of high quality in terms of student eligibility and response. This research is a Research and Development (R&D) type of research using a 4-D development model consisting of 4 stages, namely Define, Design, Development, Disseminate. However, this development is only carried out until the 3rd stage, namely the Development stage. The research data were analyzed through feasibility tests and student responses. Product testing is carried out by media expert validators, material experts, and practitioners (biology teachers). Field trials were carried out online via a google form which was distributed to students of SMAK Brother Don Bosco Tarakan, class XI IPA with a total of 30 students. The validation results obtained from media experts were 89% with a very feasible category, 96% material experts with a very feasible category, 94% practitioners with a very feasible category and 87% student response with a very interesting category. Based on the results of this study, it can be concluded that the Handout with Contextual-Based Character Education on the Kingdom Plantae material developed has met the criteria for good quality teaching materials and is suitable for use in learning biology in schools.

Detail Informasi