
Identifikasi High Order Thinking Skills Pada Materi Biologi Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tarakan
Pengarang : Nur Elisia - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentikasi High Order Thinking Skills siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tarakan pada materi biologi, khususnya pada materi Keanekaragaman Hayati di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tarakan, sedangkan sampel penelitian yaitu siswa kelas XI MIPA yang berjumlah 109 siswa, dengan penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Data diperoleh berdasarkan skor yang dihasilkan dari soal HOTS berbentuk uraian yang diberikan pada siswa berjumlah 10 soal. Dengan cara perhitungan yaitu skor yang diperoleh siswa dibagi skor maksimum dikali 100%. Hasil penelitian menunjukkan persentase High Order Thinking Skills siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tarakan termasuk dalam kategori cukup dengan nilai persentase 65,17%. Selanjutnya, persentase pada indikator menganalisis termasuk dalam kategori cukup dengan nilai persentase 73,32%, indikator mengevaluasi termasuk dalam kategori cukup dengan nilai persentase 64,82% dan indikator mencipta termasuk dalam kategori kurang sekali dengan nilai persentase 54,74%. Dengan demikian, diperlukan peningkatan High Order Thinking Skills siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tarakan.
This study aims to identify the High Order Thinking Skills of class XI MIPA SMA Negeri 1 Tarakan on biology material, especially on Biodiversity in Indonesia. This research uses quantitative methods with a descriptive approach. The population in this study were all students of class XI SMA Negeri 1 Tarakan, while the research sample was 109 students of class XI MIPA, with the determination of the sample using purposive sampling. The data were obtained based on the scores generated from HOTS questions in the form of descriptions given to students totaling 10 questions. By calculating, the score obtained by students is divided by the maximum score multiplied by 100%. The results showed the percentage of High Order Thinking Skills of class XI MIPA students of SMA Negeri 1 Tarakan was in the sufficient category with a percentage value of 65.17%. Furthermore, the percentage of the analyzing indicator is included in the enough category with a percentage value of 73.32%, the evaluating indicator is included in the enough category with a percentage value of 64.82% and the creating indicator is in the very poor category with a percentage value of 54.74%. Thus, it is necessary to increase the High Order Thinking Skills of class XI MIPA SMA Negeri 1 Tarakan.