Analisis Manajemen Kredit Pemilikan Rumah Dalam Mengurangi Terjadinya Kredit Bermasalah (Studi Kasus Pada Bank BTN Kantor Cabang Pembantu Tarakan) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Manajemen Kredit Pemilikan Rumah Dalam Mengurangi Terjadinya Kredit Bermasalah (Studi Kasus Pada Bank BTN Kantor Cabang Pembantu Tarakan)

Analisis Manajemen Kredit Pemilikan Rumah Dalam Mengurangi Terjadinya Kredit Bermasalah (Studi Kasus Pada Bank BTN Kantor Cabang Pembantu Tarakan)

Pengarang : Robin Endra Lesmana - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses manajemen kredit yang dilakukan oleh Bank BTN KCP Tarakan dan upaya-upaya yang dilakukan guna mencegah terjadinya kredit bermasalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan obyek yang diteliti adalah Bank BTN KCP Tarakan dalam hal kredit pembelian rumah (KPR). Metode pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data penyaluran kredit pemilikan rumah di Bank BTN KCP Tarakan mulai dari tahun 2011 sampai dengan tahun 2014. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kredit yang dilakukan meliputi tahapan perencanaan kredit, analisis, prosedur pemberian kredit, pembinaan dan pengawasan kredit, serta administrasi dan dokumentasi kredit. Upaya pencegahan kredit bermasalah dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu pembinaan, penyelamatan dan penyelesaian kredit. Hasil presentase kredit bermasalah di Bank BTN menunjukkan kenaikan di tiap tahunnya. Pada tahun 2011 presetase kredit macet 12,53 %, tahun 2012 sebesar 9,90 %, tahun 2013 12,07 %, dan pada tahun 2014 sebesar 12,47 %


This study aims to determine the credit management process conducted by Bank BTN KCP Tarakan and efforts were made to prevent a credit crunch. The research is a qualitative research, with the object under study is BTN KCP Tarakan in terms of home purchase loans (KPR). Methods of collecting data using interviews, observation and documentation. Data taken in this research is data distribution of mortgages in Bank BTN KCP Tarakan from 2011 until 2014. These results indicate that the credit management was conducted on the planning stages of the credit analysis, lending procedures, guidance and supervision of credit and credit administration and documentation. Prevention of non-performing loans done in three stages, namely coaching, rescue and settlement. Results of the percentage of non-performing loans in the Bank BTN showed gains in each year. In 2011 presetase nonperforming loans 12.53%, in 2012 by 9.90%, 12.07% in 2013, and in 2014 amounted to 12.47%

Detail Informasi