
Identifikasi Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended
Pengarang : Afton Amru Huda - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis beserta indikatornya pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan dalam menyelesaikan soal open ended. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 di SMP Negeri 4 Tarakan. Metode pengumpulan data menggunakan tes kemampuan representasi matematis berupa uraian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 90 siswa yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan representasi matematis siswa dalam mengerjakan soal open ended tergolong kategori sedang dengan rata-rata sebesar 1,96 dari skala 1-4. Indikator tertinggi yaitu indikator representasi verbal dengan rata-rata sebesar 2,20 tergolong kategori sedang, selanjutnya indikator representasi visual dengan rata-rata sebesar 2,00 tergolong kategori sedang, dan indikator terendah yaitu representasi simbolik dengan rata-rata sebesar 1,67 dengan kategori sedang.
Kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Open Ended
This study aims to describe the ability of mathematical representation and its indicators to class VIII students of SMP Negeri 4 Tarakan in solving open-ended questions. This type of research used in this research is descriptive with a quantitative approach. This research was conducted on grade VIII students in the odd semester of the 2020/2021 school year at SMP Negeri 4 Tarakan. The data collection method used a mathematical representation ability test in the form of a description. The population in this study were all students of class VIII SMP Negeri 4 Tarakan. The sample in this study amounted to 90 students who were taken using cluster random sampling technique. The results showed that the mathematical representation ability of students in working on open-ended questions was in the moderate category with an average of 1.96 from a scale of 1-4. The highest indicator is the verbal representation indicator with an average of 2.20 belonging to the moderate category, then the visual representation indicator with an average of 2.00 is classified as the moderate category, and the lowest indicator is the symbolic representation with an average of 1.67 with the category moderate. Keywords: Mathematical Representation Ability, Open Ended