
Cara Belajar Santri SMP IT Ibnu Abbas Tarakan yang Memiliki Ketertarikan Terhadap Matematika
Pengarang : Burhan - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara belajar santri kelas VIII SMP IT Ibnu Abbas Tarakan yang memiliki ketertarikan terhadap matematika. Jenis penelitian adalah studi kasus melalui pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah empat orang siswa kelas VIII yang dipilih menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan analisis dokumentasi yang ditulis dalam catatan lapangan kemudian dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sembilan belas santri yang terdapat di kelas VIII SMP IT Ibnu Abbas tersebut, ada sedikitnya empat santri yang memiliki cara belajar yang bagus. Adapun keempat santri tersebut adalah santri yang berinisial A, B, C, dan D. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh bahwa keempat santri tersebut memiliki cara belajar matematika ketika di asrama: 1) pembuatan jadwal dan pelaksanaanya. Para santri membuat jadwal belajarnya setelah diberikan jadwal pelajaran dari sekolah. Dalam pelaksanaannya, santri mencari tempat belajar yang membuat santri nyaman untuk belajar, seperti masjid dan di kamar santri itu sendiri; 2) membaca dan membuat catatan matematika. Para santri membaca materi-materi yang ada di buku catatannya. Catatan santri terlihat lengkap dan rapi. Tidak hanya berisi materi dan contoh soal, terlihat di dalam catatan tersebut terdapat latihan-latihan soal yang pernah santri kerjakan; 3) memurojaah (mengulang) bahan pelajaran dan rumus matematika. Para santri mengulang bahan pelajaran dengan cara membaca materinya secara terus-menerus. Adapun cara santri menghapal rumus matematika yaitu membaca rumusnya secara berulang-ulang dan mempraktekkan rumusnya dengan latihan soal; 4) berkonsentrasi ketika mengikuti proses pembelajaran. Para santri mendengarkan penjelasan guru dengan penuh perhatian agar santri dapat faham dengan materi yang disampaikan oleh guru; 5) mengerjakan tugas dan latihan soal matematika. Para santri mengerjakan tugas yang diberikan guru dan memperbanyak latihan soal.
Kata Kunci: Cara Belajar Santri, Studi Kasus
This study aims to describe the learning methods of the eighth grade students of SMP IT Ibnu Abbas Tarakan who have an interest in mathematics. This type of research is a case study through a qualitative approach. The research subjects were four class VIII students who were selected using purposive sampling. Data was collected by interviewing and analyzing documentation written in field notes and then analyzed using data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that of the nineteen students in class VIII SMP IT Ibnu Abbas, there were at least four students who had good learning methods. The four students are students with the initials A, B, C, and D. Based on the results of the study, it is found that the four students have a way of learning mathematics while in the dormitory: 1) scheduling and implementing it. The students make their study schedule after being given a lesson schedule from school. In its implementation, the students look for a place to study that makes them comfortable to study, such as mosques and in the students' rooms; 2) read and take math notes. The students read the material in their notebooks. The students' notes look complete and neat. Not only contains material and sample questions, it can be seen in the notes that there are question exercises that students have done; 3) memurojaah (repeat) lesson materials and mathematical formulas. The students repeat the lesson material by reading the material continuously. The students' way of memorizing mathematical formulas is reading the formulas repeatedly and practicing the formulas with practice questions; 4) concentrate when following the learning process. The students listen to the teacher's explanation attentively so that the students can understand the material presented by the teacher; 5) do assignments and practice math problems. The students did the assignments given by the teacher and did more practice questions. Keywords: Santri Learning Method, Case Study