Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Etnomatematika Pada Materi Bangun Datar Segi Empat Kelas VII SMP Negeri 4 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Etnomatematika Pada Materi Bangun Datar Segi Empat Kelas VII SMP Negeri 4 Tarakan

Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Etnomatematika Pada Materi Bangun Datar Segi Empat Kelas VII SMP Negeri 4 Tarakan

Pengarang : Hardika Nur Huda - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan atau yang sering dikenal Research and Development (R and D) yang dilakukan di SMP Negeri 4 Tarakan pada kelas VII. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKS matematika berbasis etnomatematika pada materi bangun datar segi empat yang layak dan praktis sebagai sumber belajar untuk siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tarakan. Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg and Gall. Adapun proses pengembangan media melalui tahapan-tahapan antara lain potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain (validasi ahli Bahasa, ahli media, dan ahli materi), revisi desain, uji coba produk (kelompok kecil dan lapangan), dan revisi produk. Hasil analisis deskriptif matematis menunjukkan bahwa LKS matematika berbasis etnomatematika pada bangun datar segi empat yang dikembangkan berdasarkan aspek ahli materi memperoleh skor sebesar 75% dengan kategori layak, aspek ahli media memperoleh skor sebesar 84% dengan kategori sangat layak, serta aspek ahli Bahasa memperoleh skor sebesar 93,75% dengan kategori sangat layak. Sedangkan dari hasil penelitian di lapangan, produk LKS berbasis etnomatematika pada uji coba skala kecil berada dalam kategori sangat praktis dengan skor sebesar 85,83%, uji coba lapangan pada 2 guru berada pada kategori sangat praktis, dengan presentase kepraktisan mencapai 90%, uji coba lapangan pada siswa berada pada kategori sangat praktis dengan presentase mencapai 86,66%. Sehingga LKS berbasis etnomatematika dapat dikatakan layak dan praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tarakan.

Kata Kunci: Pengembangan, LKS Etnomatematika, Model Borg and Gall

This type of research is research and development (R and D) which is conducted at SMP Negeri 4 Tarakan in grade VII. The purpose of this study is to develop ethnomatematics-based math worksheets on rectangular flat shape material that is feasible and practical as a learning resource for grade VII students of SMP Negeri 4 Tarakan. The development model used is the Borg and Gall model. The media development process goes through stages including potentials and problems, gathering information, product design, design validation (validation of linguists, media experts, and material experts), design revision, product testing (small groups and in the field), and revisions. product. The results of the descriptive mathematical analysis show that the ethnomatics-based math worksheets in rectangular flat shapes developed based on the material expert aspect obtained a score of 75% in the proper category, the media expert aspect obtained a score of 84% in the very feasible category, and the linguist aspect obtained a score of 93.75% with very feasible category. Whereas from the results of research in the field, the ethnomatematics-based worksheets on small-scale trials are in the very practical category with a score of 85.83%, field trials on 2 teachers are in the very practical category, with a practicality percentage reaching 90%, the trial The field for students is in the very practical category with a percentage reaching 86.66%. So that ethnomatematics-based worksheets can be said to be feasible and practical to be used as a learning medium for grade VII students of SMP Negeri 4 Tarakan. Keywords: Development, Ethnomathematic Worksheet, Borg and Gall Model

Detail Informasi