
Pengaruh Faktor-Faktor Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mie Instan (Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Borneo Tarakan)
Pengarang : Yuliani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: Faktor-Faktor Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mie Instan (Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Borneo Tarakan). Metode sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan teknik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan disproportionate stratified random sampling. Dimana teknik ini digunakan untuk menentukan jumlah sampel, bila populasi berstrata tetapi kurang proposional. Sample dalam penelitian ini merupakan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Borneo Tarakan yang sudah pernah membeli produk mie instan. Jumlah responden yang disebar sebanyak 100 kuesioner yang kembali 96 kuesioner. Metode analisis menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS Versi 11.5. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor budaya berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk mie instan, faktor sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk mie instan dan faktor psikologis berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk mie instan.
This study aims to determine the effect : Consumer Behavior Factors Against Buying Decision Instan Noodle Products (Faculty of Economics, University of Borneo Tarakan). Sampling method used in this study is the probability sampling with a sampling technique by using disproportionate stratified random sampling. Where this technique is used to determine the number of samples, when stratified population but less than proportionally. Sample in this research is the students of Faculty of Economics, University of Borneo Tarakan who has ever bought instant noodle products. The number of respondents who deployed as many as 100 questionnaires were returned 96 questionnaires. Methods of analysis using multiple regression analysis with SPSS version 11,5. These results indicate that cultural factors have positive influence on purchase decisions of instant noodle products, social factors and a significant positive influence on purchasing decisions of instant noodle products and psychhological factors have positive influence on purchase decisions of instant noodle products.