
Pengaruh Penerapan Total Quality Management (TQM) Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Padmaloka Hotel Tarakan)
Pengarang : Abdul Kadir - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabel-variabel Total Quality Management (TQM) yang terdiri dari fokus pada pelanggan, obsesi terhadap kualitas, kerjasama tim (teamwork), dan adanya keterlibatan dan pemberdayaan karyawan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Padmaloka Hotel di Tarakan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling (non probability sampling) dalam pengambilan data. Data yang diperoleh sebanyak 100 responden di Padmaloka Hotel Tarakan. Pengolahan data menggunakan analisis regresi linear berganda, uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik dengan menggunakan bantuan program SPSS 22. Dari hasil pengolahan data secara parsial, variabel-variabel Total Quality Management (TQM) yang terdiri dari fokus pada pelanggan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Padmaloka Hotel di Tarakan, obsesi terhadap kualitas tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Padmaloka Hotel di Tarakan, kerjasama tim (teamwork) berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan pada Padmaloka Hotel di Tarakan, dan adanya keterlibatan dan pemberdayaan karyawan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan pada Padmaloka Hotel di Tarakan.
The purpose of this research was to determine whether the variables of Total Quality Management (TQM), which consists of a focus on customer, obsession with quality, teamwork, and the involvement and empowerment of employees had a significant influence on customer satisfaction in Padmaloka Hotel in Tarakan. This research was done by using purposive sampling (nonprobability sampling) in data collection. Data obtained by 100 respondents in Padmaloka Hotel Tarakan. Processing data using multiple linear regression analysis, validity, reliability and classic assumption test by using SPSS 22. From the data processing partially, the variables of Total Quality Management (TQM), which consists of focusing on the customer had no influence on customer satisfaction in Padmaloka Hotel Tarakan, obsession with quality had no influence on customer satisfaction in Padmaloka Hotel Tarakan, teamwork has positive influence on customer satisfaction in Padmaloka Hotel Tarakan, and the involvement and empowerment of employees has positive influence oncustomer satisfaction in Padmaloka Hotel in Tarakan.