
Analisis Determinan Permintaan Masyarakat Kota Tarakan Terhadap Jasa Pengiriman Paket Pos Pada PT. Pos Indonesia (Persero)
Pengarang : Heryn Afryana - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini dilakukan di PT. Pos Indonesia (Persero) Tarakan. PT. Pos Indonesia (Persero) adalah salah satu perusahaan BUMN yang dikenal luas oleh masyarakat sebagai sarana dan komunikasi juga memberikan layanan jasa pengiriman barang. Sekarang ini, semakin banyaknya jasa pengiriman yang mulai bermunculan menyebabkan persaingan bisnis yang dihadapi semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pendapatan, Tingkat Pelayanan, dan Tarif Pengiriman Paket Pos terhadap Permintaan Jasa Pengiriman Paket Pos pada PT. Pos Indonesia (Persero) Tarakan secara parsial maupun simultan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Untuk menghitung besarnya koefisien data tersebut menggunakan model persamaan regresi linier berganda dengan bantuan komputer melalui program Statistical Program For Social and Science (SPSS) For windows versi 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak adanya pengaruh Pendapatan dan Tingkat Pelayanan yang signifikansi terhadap Permintaan Jasa Pengiriman Paket Pos secara parsial. Tetapi, pada Tarif Pengiriman berpengaruh signifikan terhadap Permintaan Jasa Pengiriman Paket Pos secara parsial dan secara simultan Pendapatan, Tingkat Pelayanan, dan Tarif Pengiriman berpengaruh signifikansi terhadap Permintaan Jasa Pengiriman Paket Pos. Dimana koefisiensi Pendapatan 0,1%, Tingkat Pelayanan 0,118% dan Tarif Pengiriman Paket Pos 6,05% terhadap Permintaan Jasa Pengiriman Paket Pos di PT. Pos Indonesia (Persero) Tarakan.
This research was conducted at PT. Pos Indonesia (Persero) Tarakan. PT. Pos Indonesia (Persero) is a state-owned company that is widely known by the public as a means of communication and also provide freight services. Nowadays, the increasing number of service delivery began to emerge cause business competition faced increasingly stringent. This study aimed to analyze the influence of Income, Service Rate and Tariff of Post Package Delivery to demand postal parcel delivery service at PT. Pos Indonesia (Persero) Tarakan partially and simultaneously. The data used in this study are primary data, ie the data collected through the spread of a questionnaires. To calculate the coefficient data using multiple linear regression model with the aid of a computer through the program and the Statistical Programme For Social Science (SPSS) For Windows version 21.0. The results showed that the influence of Income and Service Rate not significance to Demand Service of Post Package Delivery that partially. However, the significant effect to Tariff of Post Package on Demand Service of Post Package Delivery at partially and simultaneously Income, Service Rate and Tariff of Post Package Delivery the significance of the for Demand Service of Post Package Delivery. Where the Income coefficient of 0,1%, 0,118% Service Rate and Tariff of Post Package Delivery 6,05% to Demand Service of Post Package Delivery in PT. Pos Indonesia (Persero) Tarakan.