
Pengembangan Objek Wisata Pantai Amal Kota Tarakan
Pengarang : Shalehan Herdayanti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Permasalahan yang diangkat dalam penelitan ini adalah untuk mengetahui Potensi suatu objek wisata, kendala yang menghambat pengembangan objek wisata, untuk dapat merumuskan strategi pengembangan yang tepat sebagai suatu saran bagi pengelola objek wisata tersebut. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan SWOT yaitu dengan menentukan indikator-indikator yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman yang terdapat di objek wisata Pantai Amal Kota Tarakan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang yang melakukan kegiatan wisata di objek wisata Pantai Amal Kota Tarakan pada tahun 2015. Sampel dalam penelitian ini menggunakan metode insidental random sampling. Untuk mengetahui besar ukuran sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini, digunakan rumus pendekatan slovin dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan dalam Matrix Grand Strategy terlihat posisi pengembangan sektor pariwisata di objek wisata Pantai Amal Kota Tarakan berada pada posisi strategi pertumbuhan yaitu memanfaatkan dengan lebih optimal kekuatan dan peluang yang dimiliki. Diagram menunjukkan bahwa titik potong (1,24;1,47) berada pada kuadran I, dimana situasi tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan peluang dan kekuatan agar dapat meningkatkan pertumbuhan objek wisata Pantai Amal Kota Tarakan. Saran dalam penelitian ini adalah pengelola objek wisata dapat meningkatkan sarana dan prasarana serta infrastruktur yang menunjang seperti dengan membangun wahana permainan air, area outbond, kereta wisata, dan fasilitas penunjang lain yang didukung dengan memaksimalkan program pengembangan dengan melakukan promosi melalui pemanfaatan keanekaragaman budaya dan ciri khas yang dimiliki Kota Tarakan.
Issues raised in this research is to investigate the potential of a tourist attraction, obstacles that hinder the development of attractions, to formulate appropriate development strategies as a suggestion for the management of the tourist attraction. The analytical tool used in this research is descriptive and SWOT analysis is to determine the indicators of the strengths, weaknesses, opportunities, and threats contained in attraction Amal Beach Tarakan City. The population in this study are all people who do travel attractions in Amal Beach Tarakan City in 2015. The sample in this recsearch using a random sampling method incidental. To find out large sample size used in this research, use the approximate formula slovin with a total sample of 100 respondents. The results showed in the Grand Strategy Matrix visible position in the tourism sector development attraction Amal Beach Tarakan City is in a position with a growth strategy that is more optimally utilize the strengths and opportunities that are owned. The diagram shows that the crossover point (1,24; 1,47) is in quadrant I, in which the situation can be done by taking advantage of opportunities and strengths in order to enhance the growth of attraction Amal Beach Tarakan City. Suggestions in this research is a tourist attraction manager can improve infrastructure and supporting infrastructure such as the building of water rides, outbond area, tourist train, and other supporting facilities are supported by maximizing the development program with promotions through the use of cultural diversity and characteristics owned Tarakan City .