Pengaruh Tingkat Suku Bunga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Nasabah (Studi Kasus Pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Tarakan) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Tingkat Suku Bunga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Nasabah (Studi Kasus Pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Tarakan)

Pengaruh Tingkat Suku Bunga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Nasabah (Studi Kasus Pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Tarakan)

Pengarang : Eko Sunandi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memberikan informasi tentang besarnya pengaruh tingkat suku bunga dan kualitas pelayanan terhadap minat menabung nasabah Bank Rakyat Indonesia. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Variabel dalam penelitian ini adalah Tingkat Suku Bunga (X1), dan Kualitas Pelayanan (X2). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan wawancara. Data yang diolah menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan Uji asumsi klasik Uji t, Uji F, serta R2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan Tingkat Suku Bunga dan Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Minat menabung Nasabah. Hal ini dibuktikan dari nilai F hitung sebesar 10,197 > F tabel 3,09 dan nilai signifikan sebesar 0,000. Nilai R2 sebesar 0,174 berarti bahwa 17,4% variabel ini menjelaskan variasi minat menabung nasabah Bank Rakyat Indonesia Cabang Tarakan sedangkan sisanya sebesar 82,6% diterangkan oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam model. Selain itu, secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh terhadap minat menabung nasabah Bank Rakyat Indonesia Cabang Tarakan. Karena thitung dari variabel kualitas pelayanan sebesar 4,378 lebih besar daripada ttabel sebesar 1,984. Sedangkan tingkat suku bunga secara parsial tidak berpengaruh terhadap minat menabung nasabah Bank Rakyat Indonesia Cabang Tarakan. Karena, thitung dari variabel tingkat suku bunga sebesar 0,782 lebih kecil dari pada ttabel sebesar 1,984.


The purpose of this research is to provide information about effect of level interest rate and quality of service to interest savings of customer Bank Rakyat Indonesia. The number of samples in this research were 100 respondents. The variables in this research are Level Interest Rate (X1), and Quality Of Service (X2). The method used in this research was a questionnaire with interview. Data were processed using analysis multiple linear regression using classic assumptions ttest, F test, and R2. The results of this research showed that in simultaneous Level Interest Rate and Quality Of Service significant effect on the interest savings of customer. This is evidenced from the value of Fcalculated 10.197 > Ftable 3,09 and value significant of 0.000. Value R2 of 0.174 means that 17.4% this variables explain the variation of interest savings of customer Bank Rakyat Indonesia Cabang Tarakan while the remaining 82.6% is explained by other variables not included in the model. In addition, a partial Quality Of Service affect Interest Savings of Customer Bank Rakyat Indonesia Cabang Tarakan. Because tcalculated of variable the Level Interest Rate of 4,378 smaller than the Ttable of 1.984. While The Level Interest Rate partially no effect on the Interest Savings of Customer Bank Rakyat Indonesia Cabang Tarakan. Because tcalculated of variable the Level Interest Rate of 0.782 smaller than the Ttable of 1.984.

Detail Informasi