
Strategi Pengembangan Sektor Perdagangan Hotel Dan Restoran Di Kota Tarakan
Pengarang : Setiawan - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi sektor perdagangan, hotel dan restoran serta mengetahui strategi pengembangan sektor perdagangan, hotel dan restoran di kota tarakan. Metode sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive sampling yaitu pemilihan responden dilakukan secara sengaja sesuai dengan tujuan penelitian. Untuk tujuan mengidentifikasi dan menganalisis kondisi faktor-faktor internal dan eksternal serta rumusan strategi yang akan dikembangkan pada sektor perdagangan, hotel, dan restoran. Sampel dalam penelitian ini merupakan 4 orang ahli yaitu : Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (DISPERINDAGKOP) Kota Tarakan, Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (DISPERINDAGKOP) Kota Tarakan., Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (DISBUDPAR) Kota Tarakan dan Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Tarakan. Hasil penelitian ini menunjukkan kondisi sektor perdagangan hotel dan restoran di kota tarakan memiliki 550 unit jumlah usaha industri. Kota Tarakan didominasi oleh usaha kecil sebanyak 501 unit usaha atau mencapai 91,09 persen. Penyerapan tenaga kerja untuk usaha industri kecil, menengah dan besar pada tahun 2014 mencapai angka 2576.Tarakan memiliki Hotel Bintang, Hotel Non Bintang dan Akomodasi Lainnya yaitu berjumlah 41. Strategi pembangunan pada sektor perdagangan adalah Melakukan Sosialisasi dan pembinaan secara berkala, Memaksimalkan Kebijakan untuk menciptakan iklim yang kondusif Strategi pengembangan sektor hotel dan restoran Memaksimalkan visi dan misi kota Tarakan sebagai kota jasa, Mengembangkan wisata kuliner khas kota Tarakan berupa makanan laut, dan Memaksimalkan peran hotel dan restoran di Kota Tarakan sehingga dapat mengatasi kebutuhan masyarakat.
This research is to determine condition of the trade, hotels restaurants and determine the development strategy of the trade, hotels and restaurants in the Tarakan City. For the sampling method used in this research is purposive sampling, that the selection of respondents is according to the research object. For the purpose of identifying and analyzing the condition of external factor, as well as the formulation of strategies that will be developed in trade sector hotels and restaurants. The sample in this study is 4 experts namely: Head of Industry and Trade Tarakan, Head of Trade Department of Industry and Trade Tarakan., Head of Culture and Tourism Tarakan City and Chairman of the Indonesian Hotel and Restaurant Association Tarakan City. These results indicate the condition of the sector hotel and restaurant trade, that is Kota Tarakan have 550 units the number of industry enterprises. Tarakan city is dominated by small businesses as many as 501 business units or reached 91.09 percent.Employment for small industries, medium and large enterprises in 2014 reached 2576. TarakanCity had a Star, Non Star Hotel and Accommodation is numbered 41. The development strategy of the trade sector is Doing socialization and coaching on a regular basis, Maximizing policies to create a favorable climate Strategy development of hotel and restaurant sectors Maximizing the vision and mission of Tarakan city to be a city services, Developing a culinary of Tarakan in the form of seafood, and Maximizing the role of hotel and restaurant in Tarakan City so as to address the needs of the community.