Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Puskesmas Di Kabupaten Malinau (Studi Kasus Puskesmas Malinau Kota) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Puskesmas Di Kabupaten Malinau (Studi Kasus Puskesmas Malinau Kota)

Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Puskesmas Di Kabupaten Malinau (Studi Kasus Puskesmas Malinau Kota)

Pengarang : Kiki Patmalasari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja puskesmas di Kabupaten Malinau. Metode sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah quoted accidental sampling dengan teknik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan metode sensus/secara acak. Berdasarkan hasil dengan menggunakan skala likert dari persepsi masyarakat pengguna pelayanan mengenai kemampuan petugas Puskesmas malinau kota sebesar 73,3% interpretasi skor berdasarkan interval maka masyarakat merasa puas. Persepsi pengguna jasa mengenai kedisiplinan petugas sebesar 70,4% interpretasi skor berdasarkan interval masyarakat pengguna pelayanan merasa puas. Persepsi pengguna pelayanan mengenai sikap petugas puskesmas sebesar 78,0% interpretasi skor berdasarkan interval maka masyarakat pengguna pelayanan merasa puas. Persepsi masyarakat pengguna pelayanan mengenai tanggung jawab petugas puskesmas sebesar 72,8% interpretasi skor berdasarkan interval maka masyarakat pengguna pelayanan merasa puas. Persepsi masyarakat pengguna pelayanan mengenai penyediaan fasilitas puskesmas sebesar 69,5% interpretasi skor berdasarkan interval maka masyarakat pengguna pelayanan merasa cukup puas. Persepsi masyarakat pengguna pelayanan mengenai kecepatan petugas sebesar 60,4% interpretasi skor berdasarkan interval maka masyarakat pengguna pelayanan merasa cukup puas. Persepsi masyarakat pengguna pelayanan mengenai ketepatan waktu petugas puskesmas sebesar 58,0% interpretasi skor berdasarkan interval maka masyarakat pengguna pelayanan merasa cukup puas. Persepsi masyarakat pengguna pelayanan mengenai ketelitian petugas puskesmas sebesar 71,4% interpretasi skor berdasarkan interval maka masyarakat pengguna pelayanan merasa puas. Persepsi masyarakat pengguna pelayanan mengenai kesopanan petugas puskesmas sebesar 74,7% interpretasi skor berdasarkan interval maka masyarakat pengguna pelayanan merasa puas. Persepsi masyarakat pengguna pelayanan mengenai keramahan petugas pusksesmas sebesar 69,5% interpretasi skor berdasarkan interval maka masyarakat pengguna pelayanan merasa puas.


The purpose of this study was to determine how the level of community satisfaction on the performance of health centers in the district of Malinau. Sampling method used in this study was quoted accidental sampling with a sampling technique that using census / random. Based on the results using a Likert scale of public perception regarding the ability of service users puskesmas officers Malinau Kota 73.3% interpretation score based on the interval then the public is satisfied. Perceptions of service users regarding the discipline of officers of 70.4% based on the interpretation of the score intervals community service users feel satisfied. Perceptions of service users regarding the attitude of puskesmas officers of 78.0% based on the interpretation of the score interval then the public using the service are satisfied. The public perception of the officer's responsibility to service users puskesmas of 72.8% based on the interpretation of the score interval then the public using the service are satisfied. User's perception regarding the provision of facilities services puskesmas 69.5% interpretation score based on the interval then the public service users feel quite satisfied. User's perception about the speed of service officers 60.4% interpretation score based on the interval then the public service users feel quite satisfied. The public perception regarding the timeliness of service users puskesmas officers of 58.0% based on the interpretation of the score interval then the public service users feel quite satisfied. The public perception of the accuracy of the service users puskesmas officers of 71.4% based on the interpretation of the score interval then the public using the service are satisfied. The public perception of service users regarding courtesy clerk at 74.7% puskesmas interpretation score based on the interval then the public using the service are satisfied. The public perception of the service user friendliness 69.5% pusksesmas officer interpretations score based on the interval then the public using the service are satisfied.

Detail Informasi