
Pengaruh Pembelajaran Berbasis Lingkungan Dengan Strategi Pembelajaran Aktif Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Dan Minat Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Tarakan
Pengarang : Siti Musdalifah Muchsin - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran berbasis lingkungan dengan strategi pembelajaran aktif Index Card Match terhadap hasil belajar biologi dan minat belajar siswa kelas VII SMP Negeri 5 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian Pretest-Posttest Comparation Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Tarakan Tahun Ajaran 2015/2016, dan sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas VII-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data menggunakan bantuan software SPSS 22 for windows teknik analisis menggunakan uji Independent sampel t-test. Hasil analisis pengaruh penggunaan pembelajaran Index Card Match dan pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa diperoleh t hitung (5,821) lebih besar dibandingkan t (2,000) pada taraf signifikansi 0,05 dan dk = 62. Sedangkan untuk perbandingan minat belajar siswa diperoleh t hitung (3,153) lebih besar dibandingkan t (2,000) pada taraf signifikansi 0,05 dan dk = 62. tabel Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar biologi siswa dan terdapat pengaruh minat belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Tarakan. tabel
The Purpose of this study is to know the influences of active learning strategi of Index Card Match based on environment towards students’ study result and students’ interest of learning biology to the seventh grade students of SMP NEgeri 5 Tarakan. The method of this study is quasy experiment and using research desaign pretest-posttest comparation group desaign. The population of this study is the whole sevent grade student of SMP Negeri 5 Tarakan in academic year 2015/2016 and sampling is two class, they are VII-4 as experimental class and VII-5 as control class. Sampling technique is using purposive sampling. Data analysis is using SPSS 22 for windows software. Technique of analysis is using independent sample t-test. The result of influences of using Index Card Match Learning and direct learning towards students’ result study got t (5.821) is bigger than t (2.000) on significance standard 0.05 and dk= 62. Meanwhile, for comparison of students’ learning interest got t table (3.153) is bigger than t table count (2.000) on significance standard 0.05 and dk=62. Based on data analysisng result could give the conclusion that there are the influences of students’ of biology study result and there are the influenes of students’ biology learning interest to the seventh grade students at SMP Negeri 5 Tarakan.