
Pengembangan Modul Berorientasi Predict, Observe Explain (POE) Pada Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan Untuk Siswa Kelas VII SMP
Pengarang : Septi Ellis Tari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sumber belajar siswa berupa modul berorientasi Predict, Observe, Explain (POE) pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan untuk siswa kelas VII SMP, diharapkan mampu untuk memenuhi aspek layak, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan yang dilakukan merupakan adaptasi tahap-tahap pengembangan Four-D, yaitu design, define, develop, dan dessiminate. Namun tahap dessiminate tidak dilakukan karena dalam penelitian ini hanya melakukan uji coba satu kali sedangkan untuk tahap penyebaran dilakukan uji coba berulang-ulang, dalam penelitian ini menggunakan tiga validator ahli yaitu: ahli materi, ahli media dan ahli praktisi guru IPA, serta tiga observer yaitu: ahli guru IPA SMPN 10 Tarakan, dua mahasiswa biologi, Uji coba dilakukan disekolah SMPN 10 Tarakan, uji coba awal menggunakan siswa kelas VIII-4 sebanyak 10 siswa dan uji coba lapangan utama menggunakan siswa kelas VII-5 sebanyak 34 siswa. Hasil penelitian berupa modul pembelajaran yang dihasilkan berdasarkan aspek layak yang dinilai oleh tiga ahli yaitu ahli materi sebesar 82% (sangat layak), ahli media sebesar 69% (layak), dan ahli praktisi sebesar 89% (sangat layak). Hasil angket dari observer sebesar 89,7% (sangat praktis), sedangkan hasil angket respon siswa uji coba awal 84% (sangat efektif), dan hasil angket respon siswa uji coba lapangan utama 82% (sangat efektif).
This definitionaims to develop resources in the from of student learning oriented model. Predict, Observe, Explain (POE) on pollution and environmental damage to the VII grad students of SMP, Expeted to be able to fulfill the worthy aspects , of pratical and effective. This study is a research development (Research and development). Development of procedures performed an adaptation of the stages of development of 4-D, that is design, define, develop and dessminate. But the stage dessiminate was not done besause in this study only tested one as for the deployment phase trials conducted repeatedly, in this study using tree expert validator that: expert science teachers SMPN 10 Tarakan, two students of biology, trials conducted at SMPN 10 Tarakan. Early treals using graders VIII-4 as many as 10 students and major field trials using graders VII-5 as many as 34 students. Research results generated in the from oflearning modules based on aspects of decent assessed by three experts that subject, matter experts by 82% (very decent), media expert of 69% (decent) and expert practitioners of 89% (very decent), the results of questionnaires from the observer of 89,7% (very practical) while the student questionnaire responses the results of a questionnaire response students field trials main 82% (very effective), and the test results students field trials main 84% (very effective).