
Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Dan Minat Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Palas
Pengarang : Siti Lestari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil dan Minat Belajar IPA Siswa SMP Negeri 1 Tanjung Palas. Penelitian ini dilakukan selama bulan April - Mei 2016 di SMP Negeri 1 Tanjung Palas. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Palas Tahun Ajaran 2015/2016, dan sampel yaitu kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan lembar observasi. Data dianalisis menggunakan software SPSS 23 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil dan Minat Belajar IPA Siswa SMP Negeri 1 Tanjung Palas, karena nilai thitung yang diperoleh pada Hasil Belajar sebesar 3,728 dan Minat Belajar sebesar 2,269. Pada taraf signifikansi 5%. Dan df 63 diperoleh nilai tabel distribusi t atau ttabel sebesar 1,980. Hal ini menunjukkan bahwa t hitung> ttabel.
The purpose of this study is to determine the effect of Discovery Learning torwards 7th graders learning autocomes and learning interest on science at SMP Negeri 1 Tanjung Palas. This research was conducted from April-Mei 2016 at SMP Negeri 1 Tanjung Palas. This study was a quasy-experimen with 7th students of SMP Negeri 1 Tanjung Palas school year 2015-2016 as the population, and the sample were students at class VII-2 whice were the experimental class and students at class VII-4 were the control class. The sampling technique was using purposive sampling and the data was collected through documentation, test and observation sheet. The data then was analyzed using SPSS 23 ,00 for Windows. The results shows that there are was an influence on Discovery Learning torwards 7th graders, learning outocomes learning interest on science at SMP Negeri 1 Tanjung Palas, because the value of t value of learning outcomes was 3,7328 and learning interest was 2,269. At the 5% of significance the Df 63, the value of t table was 1,980. This shows that t hitung> ttabel.