
Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Tarakan
Pengarang : Hani Masfufah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry terhadap hasil belajar siswa kelas VII. 2) Pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry terhadap hasil belajar aspek pengetahuan biologi siswa kelas VII. 3) Pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry terhadap hasil belajar aspek sikap siswa kelas VII. 4) Pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry terhadap hasil belajar aspek keterampilan siswa kelas VII. Jenis Penelitian menggunakan eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 7 Tarakan. Pengambilan sampel dilakukan secara Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-1 dan VII-3. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, lembar penilaian diri, lembar penilaian keterampilan, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Mulitvariate Analysis of Variance (Manova). Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry terhadap hasil belajar siswa kelas VII. 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry terhadap hasil belajar aspek pengetahuan biologi siswa kelas VII. 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry terhadap hasil belajar aspek sikap siswa kelas VII. 4) Terdapat pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry terhadap hasil belajar aspek keterampilan kelas VII.
This research is aimed to find out: 1) The effect of guided inquiry on student learning outcomes of seven graders. 2) The effect of guided inquiry on biological knowledge of seven graders. 3) The effect of guided inquiry on seven graders learning attitude. 4) The effect of guided inquiry on seven graders, skill aspects. This is quasi experimental research with nonequivalent control group design. The population of this research is all seven graders at SMPN 7 Tarakan. The sample of this research selected based on purposive sampling which is consisted of class VII-1 and VII-3. The Data was collected using test, selfassessment sheet, skill assessment, observation sheets and documentation. The data then analyzed using Mulitvariate Analysis of Variance (Manova). The result show that: 1) Guided inquiry influences seven graders learning outcomes. 2) Guided inquiry also influences seven graders knowledge of biological concepts. 3) Guided inquiry influences seven graders attitude as well. 4) Finally, guided inquiry influences seven graders skill.