Pengaruh Penggunaan Media Presentasi Pada Strategi Pembelajaran Aktif Crossword Puzzle (Teka-Teki Silang) Terhadap Hasil Belajar Dan Retensi Siswa | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Penggunaan Media Presentasi Pada Strategi Pembelajaran Aktif Crossword Puzzle (Teka-Teki Silang) Terhadap Hasil Belajar Dan Retensi Siswa

Pengaruh Penggunaan Media Presentasi Pada Strategi Pembelajaran Aktif Crossword Puzzle (Teka-Teki Silang) Terhadap Hasil Belajar Dan Retensi Siswa

Pengarang : Syamsiah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media presentasi pada strategi pembelajaran aktif Crossword Puzzle terhadap hasil belajar dan retensi siswa di SMP N 10 Tarakan pada mata pelajaran IPA kelas VIII di SMP N 10 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan sejak tanggal 04 hingga 28 Februari 2016 di SMP Negeri 10 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelpas VIII Negeri 10 Tarakan sejumlah 131 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara porpusive sampling. Pada kelas eksperimen sebanyak 24 siswa dan kelas kontrol sebanyak 24 siswa. Data dianalisis menggunakan software SPSS 22 for Windows. Teknik analisis data menggunakan uji Independent t-test. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan: 1) hasil analisis uji Independent sample t-test diperoleh nilai t 6,631 pada taraf signifikan alfa = 0,05 dan dk = 46 diperoleh nilai t tabel 1.678 berarti thitung> ttabel terdapat pebedaan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan media presentasi pada strategi pembelajaran aktif Crossword puzzle dengan siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran langsung 2) hasil analisis uji Independent sample t-test diperoleh nilai thitung. 1.166 pada taraf signifikan alfa = 0,05 dan dk = 46 diperoleh nilai ttabel 1.678 berarti t hitung< ttabel, tidak terdapat pebedaan retensi siswa yang belajar menggunakan media presentasi pada strategi pembelajaran aktif Crossword puzzle dengan siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran langsung.


This research is aimed to know the effect of using the presentation as media on Cross Puzzle active learning strategy of the students’ achievement and retention in SMP N 10 Tarakan on the Science subject at class VIII in SMP Negeri 10 Tarakan. This research held since 4-28 February 2016 in SMP Negeri 10 Tarakan. This research is quasi experimental design. The population in this research is all off the students in class VIII of SMP Negeri 10 Tarakan with total number 131 students. The sample took by using purposive sampling technique. In experimental class, the students was 24 students while in control class was 24 students. The data analysis was using SPSS 22 for windows. The samping technique was using Independent t-test. Based on the result, it can be concluded: 1) the result of independent sample ttes ttesting is t hitung 6.631 on level of significant alfa = 0,05 and dk=46 the t score is 1.678, it means t hitung > ttabel. There is learning achievement result differences between the students who taught by using presentation as media on the Crossword Puzzle active learning strategy and the students who taught by using direct learning strategy. 2) the analysis result if independent sample t-test for t on level of significant alfa = 0,05 and dk=46 the t tabel< thitung is 1.166 means ttabel score is 1.678, it means t there is no students’ retention differences between who learnt by using presentation as media on the Crossword Puzzle learning active learning strategy and direct learning strategy

Detail Informasi