Pengaruh Penerapan Strategi Divergent Thinking Berbantuan Mind Map Terhadap Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Penerapan Strategi Divergent Thinking Berbantuan Mind Map Terhadap Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tarakan

Pengaruh Penerapan Strategi Divergent Thinking Berbantuan Mind Map Terhadap Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tarakan

Pengarang : Tri Ratna Sari Dewi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan strategi Divergent Thinking berbantuan Mind Map dengan siswa yang belajar menggunakan metode diskusi dan presentasi. Penelitian ini dilaksanakan sejak tanggal 19 hingga 28 Mei 2015 di SMA Negeri 1 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Tarakan sejumlah 170 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Pada kelas eksperimen sebanyak 33 siswa dan kelas kontrol sebanyak 32 siswa. Data dianalisis menggunakan software SPSS 22 for Windows. Teknik analisis data menggunakan uji MANOVA. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan: 1) nilai F = 5,263 dengan signifikansi 0,025 yang berarti p < 0,05 sehingga H0 ditolak, artinya terdapat perbedaan berpikir kreatif siswa yang menggunakan strategi divergent thinking berbantuan mind map dengan siswa yang belajar menggunakan metode diskusi dan presentasi, 2) nilai F = 10,108 dengan signifikansi 0,002 yang berarti p < 0,05 sehingga H0 ditolak, artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi divergent thinking berbantuan mind map dengan siswa yang belajar menggunakan metode diskusi dan presentasi, 3) nilai F = 7,955 dengan signifikansi 0,000 yang berarti p < 0,05 sehingga H0 ditolak, artinya terdapat perbedaan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi divergent thinking berbantuan mind map dengan siswa yang belajar menggunakan metode diskusi dan presentasi.



This research purpose to know is there any differences between creative thinking and students’ learn result those learn by using Divergent Thinking based Mind Map with students those learn by using discussion method and presentation. This research was conducted on 19th until 28th May 2015 at SMA Negeri 1 Tarakan. This research was quasi experiment. The population in this research was all of the students of X grade students of SMA Negeri 1 Tarakan with the total number 170 students. The sample took by random sampling. In experiment class there are 33 students and in control class there are 32 students. The data analysis used software SPSS 22 for Windows. The technique of data analysis used MANOVA test. Based on the research’s result, can be concluded: 1) F = 5,263 with significant 0,025 means p < 0,05 so H0 rejected, it means that there is difference between creative thinking and students’ learn result those learn by using Divergent Thinking based Mind Map with students those learn by using discussion method and presentation, 2) F = 10,108 with significant 0,002 means p < 0,05 so H0rejected, it means that there is difference between creative thinking and students’ learn result those learn by using Divergent Thinking based Mind Map with students those learn by using discussion method and presentation, 3) F = 7,955 with significant 0,000 means p < 0,05 so H0 rejected, it means that there is difference between creative thinking and students’ learn result those learn by using Divergent Thinking based Mind Map with students those learn by using discussion method and presentation

Detail Informasi