Hubungan Kemandirian Dan Fasilitas Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar IPA Kelas VIII SMP Negeri 6 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Hubungan Kemandirian Dan Fasilitas Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar IPA Kelas VIII SMP Negeri 6 Tarakan

Hubungan Kemandirian Dan Fasilitas Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar IPA Kelas VIII SMP Negeri 6 Tarakan

Pengarang : Waldi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Agustus sampai September 2016 di SMP Negeri 6 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah korelasional atau studi hubungan yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antar variabel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Tarakan, sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan tabel penentuan jumlah sampel dari populasi tertentu yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah analisis regresi berganda dengan bantuan software SPSS 21 For windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar berada pada kategori sedang yaitu sebesar 68,08%. Fasilitas belajar di rumah berada pada kategori sedang yaitu sebesar 71,63%. Hasil uji koefesien determinasi menunjukkan bahwa variabel kemandirian belajar dan fasilitas belajar di rumah memiliki hubungan sebesar 22,8% dengan hasil belajar IPA. Sehingga faktor-faktor yang berhubungan dengan hasil belajar IPA siswa diluar penelitian ini memiliki hubungan sebesar 77,2%.


This research was held betwen August to September 2016 at SMP Negeri 6 Tarakan. This research is a correlation or association studies that was aimed to determine the relationship between variables . The population in this research is all eight graders at SMPN 6 Tarakan , this sample was taken using a table of determination number of samples from a given population with cluster random sampling that was developed by Isaac and Michael. Data was collected using questionnaires and documentations. The data was analyzed using multiple regression analysis with SPSS 21 For Windows. The results showed that learning independence reached middle category that was equal to 68,08% . Learning facilities at home reached middle category that was equal to 71.63%. The results showed that the coefficient of determination variables learning independence and learning facilities at home had a relationship of 22.8% with science learning outcomes. Therefore factors related to science learning outcomes beyond this study would be 77.2%.

Detail Informasi