
Analisis Kesalahan Penyajian Konsep Dan Prinsip Serta Ilustrasi Materi Dalam Buku Teks IPA Kurikulum 2013 SMP Kelas VIII Semester I
Pengarang : Ratnawati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif tentang analisis kesalahan penyajian konsep dan prinsip serta ilustrasi materi dalam buku teks IPA Kurikulum 2013 SMP kelas VIII semester I. Permasalahan yang diteliti adalah bagaimana kesesuaian isi buku teks IPA Kurikulum 2013 pada materi biologi SMP Kelas VIII semester I dengan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) serta apakah ada kesalahan dalam penyajian materi biologi yang meliputi konsep dan prinsip serta ilustrasi materi dalam buku teks IPA Kurikulum 2013 SMP Kelas VIII Semester I. Penelitian ini bertujuan membandingkan kesesuaian isi buku teks IPA Kurikulum 2013 pada materi biologi SMP kelas VIII semester I dengan kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD) serta menemukan kesalahan dalam penyajian materi biologi yang meliputi konsep dan prinsip serta ilustrasi materi dalam buku teks IPA Kurikulum 2013 SMP kelas VIII Semester I. Berdasarkan dari hasil analisis pada bab IV, analisis kesalahan penyajian konsep dan prinsip serta ilustrasi materi biologi dalam buku teks IPA Kurikulum 2013 SMP kelas VIII semester I, dapat disimpulkan bahwa: pertama, kedua buku teks pelajaran yang dianalisis kesesuaian isi buku teks IPA didapatkan nilai rata-rata 80%. Kedua, untuk ke-2 sampel penelitian baik IPA Terpadu terbitan EG dan buku Ilmu Pengetahuan Alam BSE sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan pada penyajian data berupa materi. Untuk buku IPA Terpadu terbitan EG terdapat 12 kesalahan penyajian prinsip. Sedangkan, pada buku Ilmu Pengetahuan Alam BSE masih terdapat kesalahan penyajian konsep sebanyak 4 kesalahan, dan ilustrasi materi sebanyak 2 kesalahan yang dapat dilihat pada tabel hasil analisis kesalahan penyajian konsep dan prinsip serta ilustrasi materi. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kedua buku tersebut masih perlu adanya perbaikan dalam penyajian materi agar tidak menimbulkan miskonsepsi pada saat penyampaian materi biologi dalam kegiatan pembelajaran.
This is a descriptive research about analyzing the innacuracy of concepts, principles and material illustrations of Curriculum 2013 science textbook for eight graders on the first semester. This research studied the suitability of the content of Curriculum 2013 science textbook on biological subjects for the first semester of eight graders with core competencies (KI) and the basic competency (KD), and whether there are misstatements of biological subjects that include the concepts and principles and material illustrations in Curriculum 2013 science textbook for Eight graders on the first semester. This study aimed for companing the suitability of the content of Curriculum 2013 science textbook for eight graders with the core competencies (KI) and basic competence (KD), and to find mistakes in the presentation of biological topics that include concepts and principles and material illustrations in Curriculum 2013 science textbook for Eight graders on the first semester. Based on the results, we can conclude that: first, both the textbooks showed that the suitability of the content obtained average percentage of 80%. Second, both samples either IPA Terpadu book which is published by EG and the Ilmu Pengetahuan Alam BSE book have the same advantages and disadvantages in presenting data of its materials. IPA Terpadu book which is published by EG, there are 12 principle misstatements. Meanwhile, the book of Ilmu Pengetahuan Alam BSE has 4 concept misstatements and 2 innacurate material illustrations. Those innacuracy can be seen in the analysis table of innacurate concepts and principles and material illustrations. It can be concluded that both books should improve their materials presentation in order avoid misconception in learning activities.