Niat Berwirausaha Di Kalangan Mahasiswa: Pendekatan Shapero Entrepreneurial Event Model (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Borneo Tarakan) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Niat Berwirausaha Di Kalangan Mahasiswa: Pendekatan Shapero Entrepreneurial Event Model (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Borneo Tarakan)

Niat Berwirausaha Di Kalangan Mahasiswa: Pendekatan Shapero Entrepreneurial Event Model (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Borneo Tarakan)

Pengarang : Aprina Patoding Kello - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Sikap, Keinginan Yang Dirasakan, Kelayakan Yang Dirasakan terhadap Niat Berwirausaha dengan menggunakan pendekatan teori Shapero Entrepreneurial Event Model. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Universitas Borneo Tarakan dengan sampel yang diambil sebanyak 270 mahasiswa dari semua fakultas dengan kriteria merupakan mahasiswa aktif dan telah mengambil mata kuliah kewirausahaan. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan metode analisis data menggunakan validitas, reliabilitas dan uji hipotesis serta alat bantu menggunakan SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap keinginan yang dirasakan. 2) keinginan yang dirasakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berwirausaha dan 3) kelayakan yang dirasakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berwirausaha. Sehingga hal ini membuktikan bahwa teori Shapero Entrepreneurial Event Model yang digunakan mampu menjelaskan niat berwirausaha mahasiswa.

Research aim is to know the effect of attitude, the perceived desirability, the perceived feasibility toward the intention of Entrepreneurship by using theory approach of Shapero Entrepreneurial Event Model. The population of this research is all the students of Borneo University Tarakan by taken the sample 270 students from all faculties with the active criteria and already have taken the entrepreneurship department. The method of sampling was using Purposive Sampling by using data analyze method that consist of validity, reliability, and hypothesis and also helped by SmartPLS 3.0. The result of this research shows that: 1). The positive and significant influence of the attitude toward perceived desire, 2). The positive and significant influence of the perceived desire toward the Entrepreneurship Intention, 3). The positive and significant influence of the perceived worthiness toward the Entrepreneurship Intention. So, this case proves that the theory of Shapero Entrepreneurial Event Model which already used is able to explain the intention of entrepreneurship among the students college.

Detail Informasi