Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berorientasi Problem Based Learning Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas X SMA/MA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berorientasi Problem Based Learning Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas X SMA/MA

Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berorientasi Problem Based Learning Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas X SMA/MA

Pengarang : Mahdalena - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sumber belajar siswa berupa modul pembelajaran Biologi Berorientasi Problem Based Learning materi perubahan dan pencemaran lingkungan dikelas X SMA/MA. Karakteristik modul ini menggunakan artikel berorientasi masalah nyata yang ada diwilayah Kota Tarakan dengan menggunakan kurikulum 2013. Rata-rata gambar yang digunakan merupakan gambar yang berasal dari wilayah Kalimantan Utara. Pada modul terdapat dua kegiatan pembelajaran dan 73 halaman (modul guru) 56 halaman (modul siswa). Modul berorientasi Problem Based Learning ini diharapkan mampu memenuhi kriteria layak. Jenis penelitian ini adalah Reseach and Development (R&D) dengan mengacu pada model pengembangan Borg & Gall (1983). Pelaksanaan penelitian terdapat empat tahap yaitu : 1) analisis produk; 2) mengembangkan produk awal; 3) validasi dan revisi; 4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk. Hasil penelitian ini berupa modul pembelajaran berorientasi Problem Based Learning untuk kelas X SMA/MA pada materi Perubahan dan Pencemaran Lingkungan. Modul pembelajaran berorientasi Problem Based Learning dikembangkan untuk memenuhi aspek kevalidan yang dihitung oleh tiga ahli yaitu ahli materi memperole 82,6% (layak), ahli media memperoleh 80% (layak), ahli praktisi memperoleh 89,6% (sangat layak). Sementara itu angket respon siswa uji coba awal memperoleh 86,4 % dan uji coba lapangan utama memperoleh 82,8%, sehingga memenuhi kriteria layak dengan menggunakan modul berorientasi Problem Based Learning.


This study was aimed to develop a biology module based on Problem Based Learning for changing and environmental Pollution topic in grade X of SMA/MA. This module werw using K.2013 and based on real problems that exist in Tarakan. All images came from North Borneo Asea. Threre were two learning activities consisten of 73 pages (teacher module) and 56 pages (student module). Problem Based Learning-based module is expected to be able to fulfill the validity aspects. This research was Research and Development (R&D) which referred to Borg and Gall’s development model. The research was conducted in four phases, namely : 1). Product analysis; 2) the development of initial product; 3) validation and revision; 4) field test in small scale and product revision. The product of this research was a learning module based on Problem Based Learning for grade X of SMA/MA on the material about The Changing and Environmental Pollution topic. The was develop to fulfill the aspect of validity that was given by three validators who were expert in materials, media, and practitioner. Validation from material expert gained 8,6%, media expert gained 80%, and practitioner gained 89,6%. Meanwhile student’s responses for first trial obtained 86,4% while responses from filcld test obtained 82,8%. It can be concluded that the module wa validated.

Detail Informasi