
Pengembangan Instrumen Penilaian Ranah Afektif Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA Hang Tuah Tarakan
Pengarang : Fitriani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendapatkan instrumen penilaian afektif yang berkualitas dan layak digunakan sebagai alat evaluasi sesuai dengan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) serta aturan dari Depdiknas untuk mengukur kemampuan afektif siswa pada Mata Pelajaran Biologi kelas X SMA Hang Tuah Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R & D). Subjek penelitian adalah kelas X yang dipilih secara acak dengan mengundi kelas, dari enam kelas didapatkan satu kelas untuk ujicoba awal yaitu kelas X-B. Dari lima kelas yang tersisa didapatkan dua kelas untuk uji lapangan, yaitu kelas X-C dan X-F. Olah data dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas. Hasil Penelitian pada ada draf awal terdapat 40 butir pernyataan yang dikembangkan menggunakan skala likert. Langkah awal dalam pengembangan draf awal divalidasi oleh tim ahli. Hasil rata-rata validasi dosen sebesar 80% pernyataan sudah sesuai dengan aspek yang ditelaah dengan kriteria layak. Analisis hasil ujicoba awal yaitu 27 (68%) butir pernyataan valid dan reliabilitas instrumen r11= 0,745 > rtabel=0,576. Berdasarkan analisis ujicoba awal, instrumen diperbaiki dan disusun kembali menjadi draf II. Draf II diujikan pada responden dalam uji lapangan yang berjumlah 70 siswa. Hasil analisis uji lapangan menunjukkan hasil uji validitas 35 (88%) butir pernyataan valid dan hasil penghitungan reliabilitas yaitu r11=0,728 > rtabel=0,235, sehingga instrumen tersebut reliabel. Berdasarkan hasil analisis uji lapangan ini disusun produk akhir instrumen penilaian ranah afektif.
The purpose of this study to get the qualyfied affective assessment and suitable to used as evaluation tools which appropriate with Compertence Standart (SK) and Based Compertence (KD) and the rule fromDepdiknas to measure the student’s affective ability towards Biologi subject to the tenth grade students at SMA Hang Tuah Tarakan. The kind of this study is using Research and Development (R & D). The subject of this study is tenth grade students which choosen by randomly. From six class is got one class for early experiment is class X-B. From five class which left is got two class for field experiment is class X-C and X-F. The data analyzed by validation and reliability. The result of this study there were 40 list of quistion on the first draf which developed using likert scale. The first step on the first draf was validated by expert team. The result average of lecturer validations is 80% statements which appropriate with aspect that have been tested by suitable creteria.The result of analyzed early experiment was 27(68%) the valid of questions list and reliability of instrument r1= 0,745 > rtabel=0,576. Based on analyzed early experiment, instrument was repaired and rearranged to be draf II. Draf II was tested on field experiment as 70 students. The result of field experiment showed that validation test result was 35 (88%) the valid list of question and the result of counting reliability was r1=0,728 > rtabel=0,235, so that the instrument was reliable. Based on the result analyzed of field experiment was arranged the final affective domain assessment instrument.